MILRev Adalah jurnal hukum ilmiah dengan fokus kajian di bidang hukum Islam, mulai dari fiqh, fatwa, ataupun qanun (undang undang, peraturan daerah syari'ah, kompilasi hukum-hukum Islam). Tujuannya adalah untuk mengembangkan keilmuan di bidang hukum Islam, agar dapat merespon kebutuhan masyarakat luas akan kajian-kajian hukum Islam yang scientific dan kontemporer. Jurnal ini ditujukan bagi akademisi, peneliti, dan praktisi, yang melakukan penelitian hukum Islam, baik penelitian normatif (pustaka) maupun empirik (socio legal). Jurnal ini dijadwalkan untuk terbit dua kali dalam satu tahun, dan melibatkan tim redaksi, reviewer, serta penulis dari dalam dan luar Negeri.

Visi : menjadi salah satu jurnal rujukan utama dan terkemukan di bidang kajian hukum islam di dunia.

Misi : memfasilitasi kebutuhan akan media publikasi bagi berbagai macam penelitian di bidang hukum islam, agar dapat menampung serta menyebarkan ide-ide origisinal dan baru terkait pengembangan wawasan keilmuan di bidang hukum islam.

Tujuan : Penerbitan jurnal lebih dimaksudkan untuk menjaga komitmen institusi terhadap pengembangan keilmuan di bidang terkait, sehingga penerbitan jurnal MILRev : Metro Islamic Law Review lebih merupakan sebagai upaya langkah konkrit untuk meningkatkan citra baik institusi.