PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI ERA PANDEMIK COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3163Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan guru dalam mengajar selama masa pandemik. Model pembelajaran yang digunakan guru harus mampu memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri dan mampu menarik minat siswa agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran menjadi solusi untuk mengatasi kendala pembelajaran yang dirasakan guru selama era pandemik covid-19 berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa menggunakan model Flipped Classroom dengan bantuan media video pembelajaran berisi masalah kontekstual. Melalui model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran ini, sebanyak 78,6% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam belajar, sementara sebelum diterapkan model Flipped Classroom hanya 46,4% siswa yang tuntas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran selama masa pandemik berlangsung.
References
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis.. Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12-22.
Hardiyana, B. (2016). Alat Bantu Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Dalam Menentukan Bentuk setara dan Akar Penyelesaian PLSV. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 6(2).
Kurniawati, M., Santanapurba, H., Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1), 8 – 19.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).
Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan media video pembelajaran dengan model ADDIE pada pembelajaran bahasa Inggrisdi SDN 1 Selat. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1), 1-10.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputra, M. E., & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Matematika, 1 (2), 173 – 179.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1), 12-26.
Widyastuti, D. Sujadi, A.A. (2018). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kelas XI SMK N 1 Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1), 83 – 90.
Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In Prossiding Seminar Nasional Pendidikan 2017,Sukabumi:09 Agustus 2017. Hal. 1-4.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130-143.