PELAKSANAAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON

Authors

  • Hilliyani Hilliyani STAIN Gajah Putih Takengon

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3138

Keywords:

internailsasi, nilai-nilai keislaman, pembelajaran matematika

Abstract

Tujuan pendidikan yang diselenggarakan Perguruan Tinggi untuk menjadikan manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Perguruan Tinggi Islam mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama islam sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman pada pembelajaran matematika di STAIN Gajah Putih Takengon. Penelitian ini dilaksanakan di STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh pada Jurusan Tarbiyah Prodi PGMI Semester V. Alasan peneliti memilih lokasi ini adalah karena materi yang akan digunakan untuk menginternalisasikan nilai-nilai islam pada pembelajaran matematika terdapat pada prodi tersebut.

Instrumen yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan observasi. Dengan hasil penelitian nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika pada Prodi PGMI semester 5 STAIN Gajah putih Takengon materi himpunan memasukkan dalil Al Qur’an dan mengaitkan nilai akidah, syariah, dan akhlak yang terkandung dalam surat Al-An’am ayat 128, Al-Waqi’ah ayat 7-14, Al-Fatihah ayat 7.

References

Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi
Septiana Purwaningrum. (2015). Elaborasi Ayat-ayat Sains dalam Al Qur’an: Langkah menuju inegrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan Inovatif: volume 1. No. 1 Tahun 2015.124 [online].
Muhaimin. (1999). Kontroversi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam. Cirebon: Pusaka Dinamika.110
Abdussakir. (2009). Matematika 1 kajian Inegratif Matematika & Al Qur’an. Malang: UIN Malang Press. 5
Mardalis. (1999). Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 62
Rahmat Mulayana. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Andi Hakim Nasution. (2008). Landasan Matematika. Jakarta: PT. Bhatara Karya Aksara. 7

Downloads

Published

2021-10-12

Issue

Section

Articles