URGENSI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN TASAWUF

Ajaran Tasawuf

  • Abdul Basit Atamimi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Risa Rizkika Amini Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Education is the most powerful means to provide an understanding of how important or not something is to be applied, also with the urgency of sex education among early childhood which must be given an understanding of sexuality so that there are no deviations in the future, Islam is a religion that regulates all the needs of human life with a lot of knowledge that is in accordance with Islamic beliefs, including education about sexuality which is considered taboo by some people, This article focuses on the importance of sexual education in early childhood in the view of Sufism. The qualitative method used in this article is to collect data collected through literature studies in the form of books, journals, and related studies. The data needed in this study were taken from documents related to the topics discussed in accordance with the principles related to sex education for early childhood. From the results of the study it can be concluded that sex education in the perspective of Tasawwuf in order to protect the soul and offspring for early childhood can be implemented through the stages, that is: 1) Teaching Ethical Values. 2) Planting shame in children. 3) Instilling masculinity in boys and femininity in girls. 4) Separation of children's beds. 5) Introducing visiting time to children. 6) Educate children in maintaining genital hygiene. 7) Introducing children to their mahram. 8) Educate children to keep eyesight. 9) Educate children not to do ikhtilat. 10) Educate children not to do khalwat. 11) Teach children decorative ethics. 12) Introducing children about ikhtilam and menstruation.                                                                    


Keywords: Sex Education, Early Childhood, Tasawuf Teachings


Abstrak


Pendidikan merupakan sarana yang paling ampuh untuk memberikan pemahaman betapa penting dan tidaknya sesuatu untuk diaplikasikan, begitu juga dengan urgensi pendidikan seks di kalangan anak usia dini yang harus di berikan pemahaman tentang seksualitas agar tidak terjadi penyimpangan dikemudian hari, Islam merupakan Agama yang mengatur segala hajat hidup manusia dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang sesuai dengan akidah Islamiyah termasuk di dalamnya adalah pendidikan tentang seksualitas yang dianggap tabu oleh sebagian masyarakat, artikel ini fokus terhadap bagaimana pentingnya pendidikan seksual pada anak usia dini dalam pandangan Tasawuf. Metode kualitatif yang dipakai dalam artikel ini yaitu dengan pengumpulan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan yang berupa buku-buku, jurnal, maupun penelitian-penelitian terkait. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan topik yang dibahas sesuai dengan kaidah-kaidah yang berhubungan dengan pendidikan seks untuk anak usia dini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan seks dalam perspektif Tasawuf dalam rangka menjaga Jiwa dan keturunan untuk anak usia dini dapat diterapkan melalui tahapan-tahapan, yaitu: 1) Mengajarkan Nilai-Nilai Etika. 2) Penanaman rasa malu pada anak. 3) Penanaman jiwa maskulinitas pada anak laki-laki dan feminitas pada anak perempuan. 4) Pemisahan tempat tidur anak. 5) Mengenalkan waktu berkunjung kepada anak. 6) Mendidik anak dalam menjaga kebersihan kelamin. 7) Mengenalkan anak pada mahramnya. 8) Mendidik anak menjaga pandangan mata. 9) Mendidik anak agar tidak melakukan ikhtilath. 10) Mendidik anak supaya tidak melakukan khalwat. 11) Mengajarkan anak etika berhias. 12) Mengenalkan anak tentang ikhtilam dan haid.


Kata Kunci: Pendidikan Seks, Anak Usia Dini, Ajaran Tasawuf

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin & Nirmala, I. (2018). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam, 1(1).
Aulia. H. & Hilmawati, I. (2020). Tahapan Pendidikan Seks Dalam Kajian Psikologi Dan al-Qur’an, 3(2).
Dewi, dkk. (2018). Psikoedukasi Seks Sebagai Medium Alternatif Pencegahan Kekerasan Seks Pada Anak.
Hasan, W.R. (2020). Perspektif Sayyid Qutb Tentang Isu Penjagaan Pandangan Berdasarkan Ayat 30-31 Surah Al-Nur, 13(2).
Hety, D.S. (2017). Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Dini Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun)Di TK Tunas Jayabangsal Mojokerto, 9(2).
Iik, N.S, 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Seks Bagi Anak Dalam Q.S An-Nur Ayat 58-59”. Skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo.
Islami, A.A. & Rosyad, R. (2020). Pendidikan Anak Perspektif Sufistik Dalam Pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, 4(2).
Jatmikowati, T.E. dkk. (2013). Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse, 03.
Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini, 9(2).
Mukri, S.G. (2015). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Islam, 3(1), 1-20.
Moleong, L.J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Muthmainnah. (2015). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak Yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain, 1(1).
Nurjanah, N. & Tantowie, T.A. (2019). Etika Pendidikan Seks Bagi Anak Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, 4(1).
Pasaribu, M. dkk. (2020). Pendidikan Seks Intgratif MataPelajaran Pendidikan Agama Islam dan Biologi di Madrasah Aliyah. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.
Pasya, H.S. (2010). Ibu, Bimbing Aku Menjadi Anak Sholeh. Bandung : Pustaka Rahmat.
Pauweni, dkk. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Seks Bagi Anak Usia Dini, 4(2).
Prabowo, S.H. dkk. (2020). Pean Orang Tua Dalam pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam, 11(2).
Putri, O. (2021). “Pengembangan Media Pendidikan Seksual Busy Book Bagi Anak Usia Dini”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rahman, R & Mulyati, I. (2018). Pendidikan Seks Dalam Perspektif Islam (Analisis Teks Ayat AlQuran), 2(2).
Rahmanisa, A, dkk. (2021). Implikasi Larangan Menyerupai Lawan Jenis Dari Hadits Riwayat Bukhari Terhadap Kewajiban Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Kepada Anak, 07(02).
Rimawati, E. & Nugraheni, SA. (2019). Metode Pendidikan Seks Usia Dini Di Indonesia, 13(1).
Rohayati, 2020. “Konsepsi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islami”. Skripsi. Bengkulu : Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research), 6(1).
Suhasmi, N.C. & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini, 5(2).
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam, 12(2).
Rahimi. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Syariat Khitan Anak Laki-Laki, 2(2).
Ulfa, M. & Na’imah. (2020). Pean Keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, 3(1).
Umroh, I.L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0., 2(2).
Published
2023-01-12
How to Cite
ATAMIMI, Abdul Basit; AMINI, Risa Rizkika. URGENSI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN TASAWUF. SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak, [S.l.], v. 4, n. 02, p. 211-225, jan. 2023. ISSN 2716-2230. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/jsga/article/view/5493>. Date accessed: 26 may 2024. doi: https://doi.org/10.32332/jsga.v4i02.5493.