Program Wadul Bae (Warga Peduli Bocah Lan Emboke) Sebagai Upaya Menekan Tingkat Kekerasan Seksual Pada Anak di Kota Cirebon

Authors

  • Wardah Nuroniyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v4i01.5018

Keywords:

Kota Layak Anak, Kekerasan, Wadul Bae

Abstract

Kekerasanseksualdapatterjadikepadasiapapuntidakmemandang tua maupunmuda.Tentunyaisukekerasanseksualsudahtidakasinglagidalam deretankasuskejahatan,khususnyadiIndonesia.Kejahatan seksualyang mendominasidiIndonesiaadalah kekerasan seksualpadaanak,yang semakin marakterjadisetiap tahunnya.Jawa Baratmerupakanprovinsiyangmemilikitingkatkasus kekerasanseksualpadaanakcukuptinggidanmemprihatinkan.Hal inijelas mengindikasikan bahwamasihbanyak diskriminasiyang dialami olehanakdinegeri ini. Kota Cirebon denganmendapatkanpenghargaanKotaLayakAnak,hal tersebutsebagaisalah satubuktinyatakeberhasilan Pemerintah Daerah KotaCirebonyang dibantuolehelemen-elementerkait,salahsatuelemen yang mempunyaiperanan besaradalahPusat Pelayanan Terpadu PerlindunganTerhadapAnakdan Perempuan(P2TP2A)Kota Cirebon dalam  programnya yaitu  Kader  Wadul  Bae  (WargaPeduli  Bocah Lan Mboke). Programyangtelahdirintissejaktahun2005hingga saatini merupakan layanan terpadu untuk penanganan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuanyangterintegrasi diDinas Sosial Pemberdayaan Perempuandan PerlindunganAnak(DSPPPA)KotaCirebon danPusat Pelayanan Terpadu Perlindungan PerempuandanAnak(P2TP2A)Kota Cirebon,program Wadul Baemerupakan layanan terpadu untukpenanganankasus kekerasan terhadapperempuandananak.ProgramWadulBaejugaadalahsuatuwadah kepedulian wargaakanhak-hak anakyang adadiwilayahnya.Tujuandari programWadulBaeiniantara lainuntukmelindungi perempuandananakdarikekerasanditingkatRTRW danKelurahandi Kota Cirebon, membantumenyelesaikanmasalah,danmengurangiangka kekerasan terhadapperempuan dan anak diKotaCirebon.

References

F. DaftarPustaka
Andreasen R. Alan. 2002. Marketing SocialMarketing in the Social Change
Marketplace,dalamJournalPublicPolicyandMarketing,Volume2,No1
Tahun 2002.United States : EBSCO. Halaman 1-12
Anissa SariE.2017.StrategiKomunikasiPemasaranSosialBadanNarkotika NasionalKabupaten Sleman TerkaitPencegahanNarkobaDiKalangan Remaja.Yogyakarta: Universitas MuhammadiyahYogyakarta
Asyari Yusuf. 2017, Maret11. Dinas PendidikanGalakan Program Maghrib
Mengaji. Diakses darihttps://www.jawapos.com/padatanggal 14 Maret 2018

BaehaqiImamAhmad.2017,Desember20.85SiswaSDdanSMPdiCirebonRaya Jadi Korban Kekerasan Seksual.Diaksesdari http://www.tribunnews.com/regionalpadatanggal 4 Januari2018.
Bensley RdanFisherJ.2009.MetodePendidikanKesehatanMasyarakatEdisi2.
Jakarta: EGC
Bessette, Guy.2004.Involvingthe Community : AGuide toParticipatory DevelopmentCommunication. Penang, Malaysia : Southboundand International Development Research Centre
CahyonoSofyan.2017,Desember,27.126DaerahRaihPenghargaanKotaLayak
Anak.diaksesdari www.jawapos.com, padatanggal 15 Maret 2018
Danim, Sudarwan. 2002.Menjadi PenelitiKualitatif. Bandung:PustakaSetia
DavidR.Fredd.2011.StrategicManagementManajemenStrategiKonsepBuku1, Edisi12. Jakarta:SalembaEmpat
DenzinK.N danLincolnS.Y. 2011.The Sage Handbook ofQualitative Research (EdisiKetiga) [TheSageHandbookofQualitativeResearch(ThirdEdition)], Cetakan I.Yogyakarta:PustakaPelajar
Djangkung, Vivick J. 2010. StrategiKomunikasi Pemasaran Sosial Kampung BebasNarkoba PadaBadanNarkotikaNasional(StudiKasus:Pemberdayaan MasyarakatdiKomplek PermataKampungAmbonKelurahanKedaungKali AngkeKecamatanCengkareng JakartaBarat), dalamJurnalKomunikasidan RealitasSosial,Volume1Nomor1Tahun2010.Jakarta:Neliti.com.
Effendy,OnongUchjana.2003.Ilmu,teoridanfilsafatkomunikasi.Bandung:Citra
AdityaBakti
Fazri2017,Maret,26.Waspada,Sudah1.249KasusKekerasanAnakTerjadidi
JawaBarat.Diaksesdarihttps://radarCirebon.compadatanggal17Desember
2017
Fazry2016,Agustus,31.RSUDGJDeklarasiStopKekerasanPadaAnakdan
Perempuan.Diaksesdarihttps://radarCirebon.com padatanggal14Maret2018
HadariNawawi.1998.MetodePenelitianBidangSosial.Yogyakarta:GadjahMada
UniversityPress
Herimanto,Rumanti&Indrojiono.2007.PublicRelationsDalam Organisasi.
Yogyakarta: Santusta
http://bp3akb.jabarprov.go.id/tag/three-ends/,diakses padatanggal 14 Maret 2018
https://www.facebook.com/pg/ZCTeam/about/,http://www.zakatcenter.org/, diakses padatanggal 12Februari 2018
http://pusat.baznas.go.id/profil/,diakses padatanggal 12Februari 2018
https://www.rumahzakat.org/tentang-kami/,diaksespadatanggal12Februari2018
Kotler,Philip&NancyLee.2007.MarketinginThePublicSectoraRoadmapto
ImprovePerformance.New Jersey: Pearson EducationInc
Kotler,PhilipdanL.Roberto,Equardo.1989.SocialMarketing:Strategisfor
Changing Behaviour.New York: TheFreePress
Kotler,PhilipdanGary,Amstrong.1991.Dasar-DasarPemasaran:Jilid1.Jakarta
: CVIntermedia
Lanning,B.,&Massey-Stokes, M. 2006.Child sexual abuseprevention.
ProgramsinTexasaccreditednon-publicschools.AmericanJournalofHealth
Studies, 21, 36-43. Diakses dariwww.biomedsearch.compada tanggal 11
Januari 2018
Mukhtar. 2013.MetodePenelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
NanaSyaodih Sukmadinata. 2009. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya
Nur Hastuti Tri.2004. Komunikasi Pemasaran Sosial Non-Goverment
Organization(NGO)untukIsu-IsuAntiKekerasanterhadapPerempuan(Studi
KasusKampanyeAntiKekerasanTerhadapPerempuan CutNyakDien Yogyakartadan Solidaritas PerempuanuntukHakAsasiManusia Surakarta), dalamjurnalportugalVolume1Nomor 1Tahun2004.Universitas MuhammadiyahYogyakarta. Halaman 143-160
NugrohoRiant.2003.KebijakanPublik:Formulasi,ImplementasidanEvaluasi.
Jakarta: ElexMedia Komputindo
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis
Reorientasi, Konsep, Perencanaan, Strategis Untuk Menghadapi Abad ke
21.Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama
Rangkuti,Freddy.2009.TeknikMembedahKasusBisnisAnalisisSWOTCara
PerhitunganBobot, Rating, danOCAI.Jakarta:PT GramediaPustakaUtama
RizalBomantama(2017,Desember,27).KekerasanSeksualDominasiKekerasan
Terhadap Anakdi Tahun 2017.Tribunnews.com/nasional pada tanggal 9
Februari 2018
Robert E Slavin. 2009.CoorperativeLearning:Teori, Riset dan Praktik. Bandung: NusaMedia
Ruslan Rosady. 1998. Manajemen PublicRelations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.Jakarta:PT. RajaGravindo Persada
Ruslan Rosady. 2003. Manajemen PublicRelations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta:PT. RajaGravindo Persada
Rulam Ahmadi. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media
Silalahi Ulber.2009.MetodePenelitian Sosial, Cetakan kesatu.
Bandung:PT Refika Aditama
SmithA.W.2006.SocialMarketing:Anoverviewofapproachandeffect.London, United Kingdom :BMJPublishingGroup
TjiptonoFandy.2000.StrategiPemasaranEdisike2Cetakanke4.Yogyakarta: Andi
Unnas.Y. I. 2015, September,11. Stop KekerasanSeksual!. Diakses darihttps://radarCirebon.compadatanggal 17 Desember 2017
Utama,Abraham. 2016, Mei, 11. Cirebon DisebutDarurat Kejahatan Seksual
TerhadapAnak.Diaksesdarihttps://www.cnnindonesia.com padatanggal9
Desember 2017
Venus,Antar.2012.ManajemenKampanye:PanduanTeoritisdanPraktisdalam
MengefektifkanKampanyeKomunikasi.Bandung:SimbisosaRekatamaMedia
Wurtele, S.K &KennyC. M (2010).Child Sexual Abuse Preventation : Choosing, ImplementingandEvaluatingaPersonalSafetyProgramfor Young Children. Diunduh dari www.researchgate.net padatanggal11 Januari 2018
Widodo,Joko. 2001.GoodGovernance:TelaahDariDimensiAkuntabilitas, KontrolBirokrasiPasa Era DesentralisasidanOtonomi Daerah.Surabaya:Insan Cendekia
https://www.kla.id/,diakses padatanggal 15 Maret 2018
Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif &Penelitian
Gabungan.Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-08-08