Problematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pebelajaran PAI di SMPLB Wiyata Dharma Pertiwi

  • Yuyun Yunarti IAIN Metro

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu salah satu mata pelajaran wajib bagi seluruh jenjang pendidikan. Pendidikan agama Islam merupakan upaya dalam menyiapkan siswa untuk memahami, mengimani, dan mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya yaitu kitab suci Al-Quran dan Al-Hadits. Namun saat ditelaah pada kondisi anak berkebutuhan khusus yag memiliki masalah dalam berbagai aspek, baik dari segi Phisics, menthal, emotional, dan social. Salah satu kekurangan yang terjadi, yaitu siswa tunagrahita mengalami keterbelakangan mental dan mempunyai banyak masalah saat mencapai hasil pembelajaran secara maksimal. Proses pembelajaran PAI di SMPLB Wiyata dhama pertiwi ini sudah meliputi tiga tahap pembelajaran, yaitu : tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir atau evaluasi.  Problematika anak berkebutuhan khusus tunagrahita saat pembelajaran PAI di SMPLB Wiyata dharma pertiwi yaitu, siswa tunagrahita mudah lupa dan lamban dalam menerima materi pelajaran apapun yang diberikan oleh guru. Masalah tersebut meliputi sulitnya melafalkan niat melakukan suatu ibadah beserta bacaan shalat, niat puasa, dan belum bisa membaca huruf arab gandeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya, 2013.

Atmaja, Rinakri Jati. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Djamarah, Syaiful, Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Efendi, Mohammad. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Purwanto, Ngalim.M. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Tri, Muhammad, dan Siti Ramlah. “Problematika Pembelajaran PAI SDN 3 Desa Hampalit”, Hadratul Madaniyah, Vol.2.No.2/Desember 2015.
Published
2022-07-05
How to Cite
YUNARTI, Yuyun. Problematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pebelajaran PAI di SMPLB Wiyata Dharma Pertiwi. SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 18-24, july 2022. ISSN 2716-2230. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/jsga/article/view/4516>. Date accessed: 18 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/jsga.v4i01.4516.