PERAN KEPEMIMPINAN WANITA ISLAM DAN PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT LAMPUNG

  • rahmah dwi nopryana fuad iain metro
  • Akhmad Syahid IAIN Metro
  • Romli Romli IAIN Metro

Abstract

Wanita merupakan mitra sejajar kaum pria yang mempunyai peran ganda, di rumah sebagai ibu dan istri, diluar rumah sebagai anggota masyarakat yang senantiasa mengadakan hubungan interaksi sosial. Kepemimpinan adalah sebuah proses yang terdiri dari masukan, proses dan keluaran kepemimpinan. Peran kepemimpinan wanita saat ini memberi dampak bagi perubahan sosial serta keaktifan dan eksistensi dari organisasi kewanitaan menjadi hal yang menarik untuk dikaji.


 Sistem dan gaya kepemimpinan setiap pemimpin tentu berbeda, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan oleh organisasi Wanita Islam dengan menggunakan teori yang diusung oleh Wirawan yang mengelompokkan beberapa macam teori kepemimpinan. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran dari organisasi Wanita Islam terhadap perubahan sosial masyarakat Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif analisis.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan organisasi wanita islam di provinsi Lampung memiliki gaya yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Dan memiliki pengaruh sosial yang cukup baik berdasarkan program yang telah ditentukan oleh pemimpin dan jajarannya.


 

References

Alfian , Segi-Segi Sosial Masyarakat Aceh, Jakarta: Penerbit LP3S, 1977
Hilmy, Masdar. Islam Profetik:Substansiasi Nilai-Nilai Agama Dalam Ruang Publik,Yogyakarta: Kanisius, 2008
Nugroho, Daniel.101 Trik Menjadi Pemimpin Karismatik dan Berpengaruh kunci sukses menjadi pemimpin hebat dan fenomenal, Ariska Publisher 2018

Mastuhu, Renungan di hari Ibu, majalah perkawinan dan keluarga, Jakarta, penerbit BP4,1987

Lukiyanto, Kukuh.Mandor, Model Kepemimpinan Tradisional Jawa pada Proyek Konstruksi Era Modern Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan, (Jakarta: Rajawali Pers, 1985) h. 5

Poejiwati,Peranan Wanita dalam Pembangunan Masyarakat Desa, Jakarta: Rajawali, 1985

Rakhmat, Jalaluddin. Rekayasa Sosial, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000, Cet. II,
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2006
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2016

Wirawan, kepemimpinan teori psikologi perilaku organisasi aplikasi dan penelitian contoh aplikasi untuk kepemimpinan wanita organisasi bisnis pendidikan dan militer, Jakarta, PT raja Grafindo Persada,2014.

Wirawan, Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi, dan Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Zaman, Nazizae. Wanita Islam Karier dan Profesinya, Majalah Tebu Ireng, 1986

Zulida Situmorang, Nina.“Gaya Kepemimpinan Perempuan” dalam Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil) Vol. 4 Oktober 2011, Depok: Universitas Gunadarma,
Published
2020-12-23
How to Cite
NOPRYANA, rahmah dwi; SYAHID, Akhmad; ROMLI, Romli. PERAN KEPEMIMPINAN WANITA ISLAM DAN PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT LAMPUNG. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 264-279, dec. 2020. ISSN 2614-8439. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/ath_thariq/article/view/2603>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v4i2.2603.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.