PERAN UANG DALAM PRODUKSI (Telaah Economic Value of Time sebagai Penunjang Faktor Produksi)

  • Agus Alimuddin

Abstract

Uang merupakan media yang menyimpan nilai sehingga dapat mengubah daya beli pada waktu yang akan datang dan memiliki stabilitas yang baik, uang mempunyai peran dalam proses produksi yang bertujuan menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga proses produksi dapat terpenuhi dan terlaksana sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Uang sebagai penunjang dalam memaksimalkan faktor-faktor produksi, tanpa peran uang maka akan mengalami kelambatan dalam proses produksi atahu bahkan mengalami kemunduran. Peneliti menggunakan kajian pustaka dengan metode deskriptif-analisis dalam memaparkan analisis yang dilakukan, dengan mencoba membandingkan permasalahan yang ditelaah dengan literaetur yang berkaitan pada masalah yang sedang diamati, penelitian ini menganalisa peran uang dalam produksi (menelaah economic value of time sebagai penunjang faktor produksi), produksi memiliki faktor-faktor yang harus terpenuhi yakni, modal, sumber daya alam, tenaga kerja, dan manajemen produksi, dalam memenuhi faktor produksi acap kali produsen mengalami kekurangan dalam pemenuhan faktor dalam proses produksi, uang menjadi penunjang yang dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan dengan cara mendapatkan dan menggunakan uang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan digunakan secara maksimal agar dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Published
2020-07-14
How to Cite
ALIMUDDIN, Agus. PERAN UANG DALAM PRODUKSI (Telaah Economic Value of Time sebagai Penunjang Faktor Produksi). Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 71-92, july 2020. ISSN 2355-4215. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/adzkiya/article/view/1871>. Date accessed: 18 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.1871.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.