Manajemen Pelayanan Manasik Haji terhadap Kepuasan Calon Jamaah Haji pada KBIH Al-Hikmah Metro Pusat

  • Linda Friski Meilani
Keywords: Manajemen Pelayanan Manasik Haji KBIH

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan manasik haji yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi terhadap kepuasan jamaah di KBIH Al- Hikmah Metro. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif.teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Snowball Sampling. Hasil penelitian ini dapat menggambarkan bahwa manajemen pelayanan manasik haji pada KBIH Al-Hikmah Metro Pusat sudah baik, manajemen yang diterapkan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang diberikan Kementerian Agama. KBIH Al-Hikmah Metro Pusat juga berpedoman pada visi misi dan tujuan sehingga pengorganisasian telah dilaksanakan berdasarkan keahlian dan latarbelakang pendidikan pembimbing agar tercipta komunikasi yang baik dengan jamaah.


Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Manasik Haji, KBIH.

Published
2022-05-19
How to Cite
MEILANI, Linda Friski. Manajemen Pelayanan Manasik Haji terhadap Kepuasan Calon Jamaah Haji pada KBIH Al-Hikmah Metro Pusat. Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 82-88, may 2022. ISSN 2961-9084. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/Multazam/article/view/4634>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/multazam.v1i1.4634.