Analisis SWOT Standar Operasional Pelayanan Pendaftaran Haji kepada Calon Jamaah

Authors

  • Budi Anggara
  • Sukmasari Dewi Chan Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/multazam.v1i1.4632

Keywords:

Analisis SWOT, Pelayanan pendaftaran Haji

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan analisis SWOT dalam pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro dari kekuatan, kelemahan, pelung dan ancaman merupakan suatu analisis yang telah banyak digunakan oleh lembaga/organisasi. Rumusan masalah yang ada adalah bagaimana pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, hambatan.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh dari melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode mengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasakan penelitian yang telah dilakukan di peroleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pelayanan Pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro sudah cukup baik dalam sebuah pelayanan bagi calon jamaah yang akan melakukan pendaftaran seperti kemudahan dalam pengurusan pelayanan, mendapatkan pelayanan yang baik, mendapatkan perlakuan yang sama tanpa pilih kasih namun dalam kenyataanya belom semuanya maksimal dalam penerapanya hal tersebut terlihat adanya kendala dalam akses internet yang menghambat dalam kelancaran pelayanan pendaftaran haji serta pemahaman calon jamaah haji berbeda-beda saat proses pemberian pelayanan di Kementerian Agama Kota Metro.

Published

2022-05-19