Kepuasan Calon Jamaah Haji Terhadap Manajemen Pelayanan Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Alfalahus Saadah Kota Gajah
DOI:
https://doi.org/10.32332/multazam.v1i1.4628Keywords:
Manajemen Pelayanan, Kepuasan Jamaah HajiAbstract
KBIH adalah lembaga atau yayasan sosial Islam dan pemerintah bergerak di bidang Bimbingan Ibadah Haji untuk jamaah haji di dalam negeri maupun saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.KBIH sebagai organisai sosial kemasyarakatan diberikan wewenang oleh pemerintah untuk menyelenggarakan bimbingan haji.Sebagai lembaga bimbingan ibadah haji KBIH memerlukan adanya manajemen pelayanan.Manajemen pelayanan manasik haji merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi pelayanan, pembinaan dan perlindungan jamaah haji.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan manasik haji yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi terhadap kepuasan jamaah di KBIH Alfalahus Saadah Kota Gajah.Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan.Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik purposive samplingHasil penelitian menunjukan bahwa : KBIH Alfalahus Saadah, pada dasarnya telah menerapkan fungsi manajemen mualai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi.Serta kepuasan calon jamaah haji terhadap pelayanan di KBIH Alfalahus Saadah Kota Gajah dipengaruhi oleh pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan jamaah.
Kata kunci: manajemen pelayanan, kepuasan jamaah haji