Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Winda Widyaningrum Universitas Indraprasta
  • Endang Sondari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Mulyati Mulyati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Di era milenial sekarang ini, banyak harapan dan tuntutan kepada guru. Hal ini dapat dimaklumi karena guru memiliki peran tidak hanya sebagai penyampai ilmu melainkan juga berperan sebagai motor penggerak dan fasilitator (learning facilitator) dalam kegiatan belajar-mengajar. Guru sebagai pengembang dan penerus peradaban harus menanamkan nilai (value) dan membangun karakter (character building) peserta didik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Sebagai motor penggerak jalannya pembelajaran di sekolah dengan tetap berpedoman dengan UU dan sistem pendidikan yang berlaku. Guru harus memiliki kemampuan literasi mengenai penggunaan IT yang memadai sekaligus memiliki kemampuan mengendalikan penggunaannya secara bijak dan kolegial kepada peserta didik. Dalam kaitan dengan hal tersebut, guru diharapkan memiliki ilmu pengetahuan yang banyak dan luas sebagai upaya untuk memudahkan penyampaian dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Di samping itu, guru diharapkan bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan yang banyak akan tetapi mengetahui pula kebutuhan, masalah dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.


 


Kata kunci: peran guru, kompetensi, profesionalisme

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-22
How to Cite
WIDYANINGRUM, Winda; SONDARI, Endang; MULYATI, Mulyati. Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 35-44, sep. 2019. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/JPM/article/view/1600>. Date accessed: 19 june 2024.