Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Playdough Di Tk It Darul Falah

Authors

  • Durotun Nasikhah Institut Agama Islam Negeri Metro ,
  • Alimudin Alimudin Institut Agama Islam Negeri Metro ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.5823

Abstract

Keterampilan motorik halus adalah kemampuan anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan dalam melakukan semua kegiatan, seperti meronce manik-manik, mengikat tali sepatu, menggunting, menempel, meremas dan membuat berbagai bentuk menggunakan playdough. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bagaimana upaya mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui permainan playdough. Penelitian  ini  dilaksanakan di TK IT Darul Falah Karang Sari Lampung Tengah  menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan  studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan motorik halus anak di TK IT Darul Falah Karang Sari ialah menggunakan playdough. Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa  anak usia 5-6 tahun yang  di TK darul falah karang sari sebelum diberikan kegiatan permainan playdough belum  berkembang secara maksimal  namun setelah dilakukan kegiatan  permainan playdough anak mulai memperlihatkan perkembangannya secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari anak sudah mampu melakukan koordinasi mata dan tangan, menggunakan otot halus untuk kegiatan sederhana dengan baik, dapat menciptakan bentuk dengan playdough serta dapat memegang pensil dengan benar

Published

2023-01-10