PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

  • Bagus Mahardika IIQ An-Nur Yogyakarta
  • Anas Rangga Buana

Abstract

Kegiatan mengelola kelas merupakan hal wajib yang harus dilakukan guru dalam berkegiatan belajar mengajar di Sekolah. Selain berguna dalam mencapai terwujudnya pembelajaran yang ideal, mengelola reuang kelas juga bertujuan untuk membantu siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru. Pemetaan dan penataan ruang belajar yang mengedepankan nilai-nilai estetis/ keindahan juga menjadi ruang terapiutik bagi siswa dalam mengenyam pembelajaran dikelas.


Diera pendidikan 5.0 para guru berkwajiban dalam membangun iklim pembelajaran yang edutaimen, hal ini memberikan dampak yang luar biasa bagi peserta didknya, selain memberi kesegaran kesehatan psikologi siswa juga dapat terkontrol bahkan mental healty dalam proses pembelajaran menjadi spirit bagai siswa dalam mewujudkan prestasi dan menumbuh kembangakan bakat minatnya.


Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Situasi Belajar, Psikologi

References

Adi, Sugeng Susilo, Irene Nany Kusumawardani, and Jeane Valentine Fransisca. 2018. “Peran Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Digambarkan Dalam Film BEYOND THE BLACKBOARD Karya Jeff Bleckner.” Edcomtech 3 (2): 113–25. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/download/5114/3017#:~:text=Guru mampu mengendalikan dan menangani,guru dapat mengatasi masalah itu.%0A.
Anas Sudijono. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan Suatu Pengantar. Yogyakarta: U. D. Rama.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dhita Anjelita, Giselda Putri Amalia, Lina Amalia, Nurul siti Fazriah, Melawati Apriliani, Yulia. 2021. Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Bogor: Kampus Universitas Djuanda.
Estiastuti, Ika Azizah dan Arini. 2017. “Keterampilan Guru Dalam Pengelolahan Kelas Rendah Pada Pembelajaran Tematik Di SD.” Joyful Learning Journal 6 (2): 1–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj%0AKETERAMPILAN.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Israwati. 2017. “Pengelolaan Ruang Kelas Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Serambi Ilmu 29 (9): 1689–99.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Pahrul, Yolanda, Joni Joni, and Leli Marlina. 2021. “Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Selama Pembelajaran Covid-19 Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (3): 2168–74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1807.
Rimm-Kaufman, Sara E., Karen M. La Paro, Jason T. Downer, and Robert C. Pianta. 2005. “The Contribution of Classroom Setting and Quality of Instruction to Children’s Behavior in Kindergarten Classrooms.” Elementary School Journal 105 (4): 377–94. https://doi.org/10.1086/429948.
S. Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metode Penellitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
“Undang-Undang Tentang Guru Dan Dosen.” n.d.
Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Edited by Daw. Yogyakarta: Diva Press.
Zulfitrah, and Nurhafizah. 2019. “Analisis Profesionalisme Guru Anak Usia Dini Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di TK Sabbihisma Padang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3 (2): 730–38.
Published
2022-06-30
How to Cite
MAHARDIKA, Bagus; BUANA, Anas Rangga. PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 21-32, june 2022. ISSN 2827-9166. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/5108>. Date accessed: 18 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.5108.