Studi Pendahuluan: Pengembangan e-LKPD dalam Upaya Pemahaman Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Yuli Budiasih Universitas Lampung
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Lampung
  • Dewi Lengkana Universitas Lampung
  • Neni Hasnunidah Universitas Lampung
  • Nur Rohmatul Aini Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.6929

Keywords:

Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik, Keterampilan Berpikir Kreatif

Abstract

E-LKPD adalah Lembar Kerja Peserta Didik berbasis elektronik. Pengembangan E-LKPD ditujukan untuk inovasi pembelajaran ke arah digital dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan E-LKPD dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Studi pendahuluan dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian survey. Wawancara dan angket merupakan instrument penelitian yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data dengan berbantukan format google form yang disebar kepada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Bandar Lampung melalui forum MGMP IPA. Seluruh Guru SMP forum MGMP IPA Kota Bandar Lampung dipilih sebagai populasi penelitian. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan 40 orang responden. Hasil survey menegaskan bahwa terdapat 59,375% Guru menggunakan media pembelajaran LKPD secara konvensional, 60,625% Guru sudah menggunakan E-LKPD namun dalam konsep biasa, sementara 53,75% Guru sudah menerapkan E-LKPD berbasis audio visual. Namun, penerapan E-LKPD berbasis audio visual masih sedikit Guru yang mengkombinasikan E-LKPD tersebut dengan keterampilan berpikir kreatif. Sedemikian itu, penelitian ini mencoba menganalisis kebutuhan dalam upaya pentingnya pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan pemahaman keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Studi Pendahuluan: Pengembangan e-LKPD dalam Upaya Pemahaman Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (2023). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 158-165. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.6929