Deskripsi Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA pada Materi Virus

  • Marini Marini Universitas Tanjungpura
  • Afandi Afandi Universitas Tanjungpura
  • Anisyah Yuniarti Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa dan deskripsi keterampilan pada setiap indikator pemecahan masalah IDEAL siswa SMA kelas X pada materi virus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA pada salah satu SMA Swasta sebanyak 29 siswa yang telah mempelajari materi virus. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian keterampilan pemecahan masalah IDEAL yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 indikator IDEAL Problem Solving dari Bransford and Stein. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki persentase sebesar 53% dengan kategori tidak terampil. Adapun rincian dari data penelitian keretampilan pemecahan masalah pada kategori cukup terampil yaitu indikator mengidentifikasi masalah sebesar 68% dan menentukan tujuan 75%, kategori tidak terampil yaitu indikator mengeksplorasi strategi yang mungkin sebesar 36%, mengantisipasi hasil dan bertindak sebesar 47%, dan indikator melihat dan belajar sebesar 40%. Melalui penelitian ini, terungkap bahwa faktor yang menjadi penghambat keterampilan pemecahan masalah tidak terampil yaitu minat siswa, kemampuan kognitif siswa yang rendah, dan kurang membiasakan memecahkan soal-soal yang bersifat problem solving.


 

Published
2022-06-28
How to Cite
MARINI, Marini; AFANDI, Afandi; YUNIARTI, Anisyah. Deskripsi Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA pada Materi Virus. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 50-62, june 2022. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/4848>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4848.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.