Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi

Main Article Content

Nasrul Hakim Tri Andri Setiawan Aby Febriansyah Nurul Huda Evi Sinta Dewi Halimah Sa'diyah Nurul Azizah

Abstract

Salah satu indikator guru professional adalah memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekkan dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini direncanakan terdiri dari dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Untuk mengukur keterampilan dasar mengajar digunakan lembar observasi yang dimodifikasi dari lembar penilaian APKG Alat Penilaian Keterampilan Guru. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajran everyone is a teacher here mampu meningkatkan keterampilan dasar mengajar. Persentase keterampilan dasar mengajar sebelum tindakan 65,2% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor keterampilan dasar mengajar meningkat pada siklus I menjadi 70,6% termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,1% termasuk dalam kategori baik.

Article Details

How to Cite
HAKIM, Nasrul et al. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 52-62, june 2020. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2084>. Date accessed: 26 jan. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.