Efektivitas Penggunaan Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-Asywa’i untuk Meningkatkan Maharah Kalam Mahasiswa PBA IAIN Madura
-
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-fathin.v4i02.3591Kata Kunci:
iiTa'bir iiAsh-Shuwar iiAl-Asywa'i iimethod, iimaharah iikalamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode ta’bir ash-shuwar al-asywa’i untuk meningkatkan maharah kalam mahasiswa PBA IAIN Madura, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre Eksperimental, subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura, Tekhnik analisis data menggunakan uji normalitas dengan Shaphiro Wilk dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-Asywa’i sangat membantu dalam meningkatkan maharah kalam mahasiswa, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi uji t t = 9,17 dengan nilai df = 25 dan angka signifikasi atau P-Value = 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak dan H1 diterima
Kata kunci : Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-Asywa’i, maharah kalam
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the use of the ta'bir ash-shuwar al-asywa'i method to increase the maharah kalam of PBA IAIN Madura students, this research is a Pre-Experimental quantitative research, the subject of this research is the third semester student of Arabic Language Education Department of IAIN Madura, The data analysis technique used normality test with Shaphiro Wilk followed by hypothesis testing with t test. The results showed that the implementation of learning using the Ta'bir Ash-Shuwar Al-Asywa'i method was very helpful in increasing students' maharah kalam. -Value = 0.000 < 0.05 or H0 is rejected and H1 is accepted
Keywords: Ta'bir Ash-Shuwar Al-Asywa'i method, maharah kalam
Referensi
Bariyah, Khoirul, Muassomah, Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura Alfazuna: Volume 4 Nomor 1 Desember 2019
Hady, Yazid, Pembelajaran Maharat al-Kalam Menurut Rusydy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Naqah, (al maharah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vo. 5, No. 1, Juni 2019)
Hamzah, Amir, Penelitia Berbasis Proyek, Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Batu: Literasi Nusantara, 2019
Hendri, Muspika, Pembelajaran, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif, (Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2017)
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2018
Kuswoyo, Konsep Dasar Pembelajaran Maharah Kalam, An-Nuha Vol. 4, No. 1, Juli 2017.
Madyawati, Lilis, Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, Jakarta: Pranamedia Group
Mahmud Ilyan, Ahmad Fuad, al-Maharat al-lughawiyah: Mahiyatuha wa Thariq Tadrisiha, Riyadh: Darr al-Muslim li an-Nasyr wa al-Tauzi’ , 1992.
Marlina, Lina, Efektivitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Jurnal staqafa Volume 13, No. 2, Juli 2016
Mustofa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UiN-MALIKI Press, 2011
Nuha. Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta : Diva Pres,
2012
Sugiyono, metode penelitian kombinasi(mex methods), Bandung: Alfabeta, 2015
Wodoyoko, Eko Putro, Penelitian hasil belajar di sekolahan, Yokyakarta: pustaka pelajar, 2014
Yanti, Nova. Sholehuddin, Efektivitas Pelaksanaan Strategi Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Jauhar Dur, Armala: Jurnal Pendidikan dan Sastra Arab, Vol. 1, No. 1: 2020