Komparasi Pembelajaran Nahwu di Pesantren dan Madrasah

Penulis

  • Noza Aflisia IAIN Curup
  • Hendrianto Hendrianto Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Nurwadjah Ahmad E.Q Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i01.4231

Kata Kunci:

Learning, Nahwu, Arabic, Pesantren, Madrasah

Abstrak

Abstract

This study describes further the implementation of Arabic language learning in Pesantren and Madrasah, as well as examines the comparison of Arabic learning in Pesantren and Madrasah. This field research uses a qualitative approach. The data source comes from Arabic teachers who teach at the Pesantren Darussalam Kepahiang and Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup. Researchers used interviews and documentation as data collection instruments. Meanwhile, in analyzing the data, the researchers used the following stages: (1) analyzing the implementation of Arabic learning in Pesantren and Madrasah through interview data and documentation that had been obtained, (2) identifying and analyzing the comparison of Arabic learning in both, (3) verifying and conclusions, (4) pouring out the research results in the form of a qualitative research report. The results showed that learning Arabic at Pesantren Darussalam Kepahiang and MA Muhammadiyah had the same goal in mastering Arabic skills, but there were still significant differences in the media and learning methods used. The use of information technology and varied learning methods in learning Arabic has been used at MA Muhammadiyah Curup while at Pesantren Darussalam Kepahiang still uses markers and blackboard media and single learning methods. Even though they seem the same in the evaluations given, there are more textbooks used in Pesantren than in Madrasah.

Keywords: Learning, Arabic, Pesantren, Madrasah

 

Abstrak

Penelitian ini menguraikan lebih jauh terkait pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren dan Madrasah, serta mengkaji perbandingan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren dan Madrasah tersebut. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari guru bahasa Arab yang mengajar di Pesantren Darussalam Kepahiang dan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tahapan berikut: (1) menganalisis pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren dan Madrasah melalui data wawancara dan dokumentasi yang telah diperoleh, (2) mengidentifikasi dan menganalis perbandingan pembelajaran bahasa Arab pada keduanya, (3) melakukan verifikasi dan pengimpulan, (4) menuangkan hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Darussalam Kepahiang dan MA Muhammadiyah memiliki tujuan yang sama dalam penguasaan keterampilan berbahasa Arab, namun masih terlihat perbedaan yang cukup signifikan dalam media dan metode pembelajaran yang digunakan. Pemanfaatan teknologi informasi dan metode pembelajaran bervariasi dalam pembelajaran bahasa Arab telah digunakan pada MA Muhammadiyah Curup sedangkan di Pesantren Darussalam Kepahiang masih menggunakan media spidol dan papan tulis dan metode pembelajaran tunggal. Walau terkesan sama dalam evaluasi yang diberikan, tapi buku ajar yang digunakan di Pesantren lebih banyak dibandingkan di Madrasah.

 

Referensi

Aflisia, Noza. “Manhaju Ta’liymu Lughoh Fi Ma’had Abdurrahman Bin ’auf Bijama’ati Muhammadiyah Malang.” El-Hekam 1, no. 1 (2016): 147–55. https://doi.org/10.31958/jeh.v1i1.344.
Aflisia, Noza, and Hazuar Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (May 8, 2020): 111. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380.
Aflisia, Noza, Ahmad E Q Nurwadjah, and Andewi Suhartini. “Nilai Teologi Islam: Telaah Materi Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah.” An Nabighoh 23, no. 1 (June 16, 2021): 17–32. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.2993.
Albantani, Azkia Muharom. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2015). https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2127.
Amin, Muhammad. “Upaya Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri,” 2013.
Anon. “Profil Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang Bengkulu.” Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia, 2020. https://www.hujroh.com/index.php/topic,5974.0/pagetitle,profil-pondok-pesantren-modern-darussalam-kepahiang-bengkulu.html.
Darisy Syafaah, Intan Sari Dewi. “Tantangan Pesantren Salaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Globalisasi.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 4, no. 4 (2018): 349–57. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/526.
Habibi, Burhan Yusuf. “Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan.” Journal of Arabic Studies 4, no. 2 (January 20, 2019): 151–67. https://doi.org/10.24865/AJAS.V4I2.178.
Himmah, Ro’fat Hizmatul, and Muhammad Afif Amrulloh. “Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Mu’adalah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Genteng Banyuwangi).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2240.
“MA Muhammadiyah Curup.” Website MA Muhammadiyah Curup. Accessed February 15, 2022. http://mamuhammadiyahcurup.mysch.id/.
Makinuddin, Mohammad. “Bahasa Arab Sebagai Kekhasan Pesantren Dan Tantangannya Dalam Situasi Global.” Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 2, no. 1 (2017): 288–308. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0167273817305726%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-017-01772-1%0Ahttp://www.ing.unitn.it/~luttero/laboratoriomateriali/RietveldRefinements.pdf%0Ahttp://www.intechopen.com/books/spectroscopic-analyses-developme.
Makruf, Imam. “Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren.” Cendekia: Journal of Education and Society 14, no. 2 (2016): 265. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.570.
Ramah, Sutri, and Miftahur Rohman. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552.
Rohman, Miftahur. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif Kurikulum 2013.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 02 (December 27, 2018): 222. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1286.
Rozak, Abd. “Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di Rangkasbitung Banten.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3, no. 2 (December 31, 2018): 167. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.110.
Teatantia, and Nurhadi. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2020): 23–38. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.02.
Wahyono, Imam. “Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember.” Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (September 29, 2019): 106. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262.
Widayat, Prabowo Adi. “Inovasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Berbasis Kontruktivisme.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 19, no. 1 (2017): 157.https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i1.762.

Diterbitkan

2022-06-29

Terbitan

Bagian

Articles