Representasi Aisyah dalam Lirik Lagu Sayyidah ‘Aisyah dan Aisyah Istri Rosulullah (Kajian Sastra Banding)

KAJIAN SASTRA BANDING

Authors

  • Amiroh Nichayatun Munir Azizah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i01.3510

Keywords:

Learning, Nahwu, Arabic, Pesantren, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda dan petanda perempuan bernama Aisyah dan gambaran sosok Aisyah yang ada dalam lirik lagu Sayyidah ‘A>ishah dan Aisyah Istri Rosulullah. Berdasarkan perspektif Semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang primer dalam penelitian ini adalah lirik lagu Sayyidah ‘A>ishah yang dipopulerkan oleh Mohamed Tarek asal Timur Tengah dan Aisyah Istri Rosulullah yang dipopulerkan oleh Sabyan Gambus berasal dari Indonesia. Peneliti menggunakan teknik baca dan teknik catat untuk mengumpulkan data, lalu pada analisis data terdiri dari 2 tahap. Hasil dari penelitian, ditemukan bahwa representasi Aisyah dalam lirik lagu Sayyidah ‘A>ishah, seperti 1) tangguh; 2) hebat; 3) cerdas dan 4) kekuatan daya ingat, sehingga menjadikannya sebagai role model bagi para perempuan di muka bumi. Sedangkan representasi Aisyah pada lirik lagu Aisyah Istri Rosulullah, seperti 1) cantik; 2) kulit putih; 3) pipi merah, sehingga Nabi senang memanggilnya dengan sebutan Yaa Humaira’ atau istriku yang pipinya kemerah-merahan.

References

Aflisia, Noza. “Manhaju Ta’liymu Lughoh Fi Ma’had Abdurrahman Bin ’auf Bijama’ati Muhammadiyah Malang.” El-Hekam 1, no. 1 (2016): 147–55. https://doi.org/10.31958/jeh.v1i1.344.
Aflisia, Noza, and Hazuar Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (May 8, 2020): 111. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380.
Aflisia, Noza, Ahmad E Q Nurwadjah, and Andewi Suhartini. “Nilai Teologi Islam: Telaah Materi Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah.” An Nabighoh 23, no. 1 (June 16, 2021): 17–32. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.2993.
Albantani, Azkia Muharom. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2015). https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2127.
Amin, Muhammad. “Upaya Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri,” 2013.
Anon. “Profil Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang Bengkulu.” Hujroh - Forum Pesantren Indonesia Alumni Pesantren Indonesia, 2020. https://www.hujroh.com/index.php/topic,5974.0/pagetitle,profil-pondok-pesantren-modern-darussalam-kepahiang-bengkulu.html.
Darisy Syafaah, Intan Sari Dewi. “Tantangan Pesantren Salaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Globalisasi.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 4, no. 4 (2018): 349–57. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/526.
Habibi, Burhan Yusuf. “Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan.” Journal of Arabic Studies 4, no. 2 (January 20, 2019): 151–67. https://doi.org/10.24865/AJAS.V4I2.178.
Himmah, Ro’fat Hizmatul, and Muhammad Afif Amrulloh. “Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Mu’adalah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Genteng Banyuwangi).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2240.
“MA Muhammadiyah Curup.” Website MA Muhammadiyah Curup. Accessed February 15, 2022. http://mamuhammadiyahcurup.mysch.id/.
Makinuddin, Mohammad. “Bahasa Arab Sebagai Kekhasan Pesantren Dan Tantangannya Dalam Situasi Global.” Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 2, no. 1 (2017): 288–308. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0167273817305726%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-017-01772-1%0Ahttp://www.ing.unitn.it/~luttero/laboratoriomateriali/RietveldRefinements.pdf%0Ahttp://www.intechopen.com/books/spectroscopic-analyses-developme.
Makruf, Imam. “Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren.” Cendekia: Journal of Education and Society 14, no. 2 (2016): 265. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.570.
Ramah, Sutri, and Miftahur Rohman. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552.
Rohman, Miftahur. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif Kurikulum 2013.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 02 (December 27, 2018): 222. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1286.
Rozak, Abd. “Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di Rangkasbitung Banten.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3, no. 2 (December 31, 2018): 167. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.110.
Teatantia, and Nurhadi. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2020): 23–38. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.02.
Wahyono, Imam. “Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember.” Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (September 29, 2019): 106. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262.
Widayat, Prabowo Adi. “Inovasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Berbasis Kontruktivisme.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 19, no. 1 (2017): 157. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i1.762.

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles