QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisis Faktor
Ekonomi Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i02.5259Kata Kunci:
Quick Response Code, Generasi Z, Transaksi DigitalAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh kepercayaan, budaya, gaya hidup, dan literasi keuangan terhadap keputusan generasi Z menggunakan QRIS sebagai alat transaksi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik simple random sampling sebanyak 98 responden. Kepercayaan, budaya, gaya hidup dan literasi keuangan memiliki kontribusi sebesar 73,5% terhadap keputusan generasi Z menggunakan QRIS, sisanya 26,5% dijelaskan oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini. Hasil dari uji parsial disimpulkan bahwa variabel kepercayaan, budaya dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan QRIS pada generasi Z. Variabel literasi keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan generasi Z menggunakan QRIS. Berdasarkan uji ANOVA, F-hitung diperoleh sebesar 64,431 lebih besar dari F-tabel (2.47), dapat disimpulkan bahwa kepercayaan, budaya, gaya hidup, dan literasi keuangan berpengaruh secara simultan terhadap keputsan geerasi Z menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi digital
Referensi
Herlinawati, L., & Krisnawati, A. (2018). Pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan penggunaan ovo pada ibu rumah tangga di kota bandung the effect of financial literation on the decision of using ovo in housewifes in bandung city. Telkom University.
Illa Ulfa. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 49–57.
Kristanti, E., & Marta, R. F. (2021). Persuasive and Educative Advertising Content of Quick Response Code Indonesian Standard in Pandemic Era. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 301. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.34474
Marwati, M., & Amidi, A. (2019). Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 168. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1567
Muhamad Ramadhan Alsyukri. (2021). Pengaruh Kemudahan, Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Selama Masa Pandemi Covid-19. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara.
Nur Ahmadi Bi Rahmani. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Febi Uinsu Press.
Nurparliana, L., Astuti, T., & Miswan, M. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan E-Channel Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online (Studi Kasus Pada Nasabah BTN KC Kelapa Gading Square). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 1(1), 310–322. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Undang—Undang OJK. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, 53(9), 1689–1699.
Pintubipar Saragih, S., & Nopriadi, N. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Actual Use Digital Payment System Pada Pelaku UMKM di Kota Batam. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(2), 63–67. https://doi.org/10.30871/jaic.v3i2.1646
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.
Sari, D. R., & Dirgahayu, T. (2017). Adopsi Theory of Planned Behavior Untuk Pengembangan Model Pengaruh Budaya Terhadap Penggunaan E-Commerce. Jurnal Buana Informatika, 8(2), 67–76. https://doi.org/10.24002/jbi.v8i2.1078
Sari, M. A., Aminah, I., & Redyanita, H. (2021). Preferensi Generasi Millenial Dalam Memilih Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Depok). Ekonomi & Bisnis, 19(2), 97–106. https://doi.org/10.32722/eb.v19i2.3601
Tri Anggono, B. N., . I., & A B, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153