Preferensi Guru Dalam Memilih Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Depok

Authors

  • Deni Lubis IPB

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v9i01.2332

Keywords:

Produk Pangan Kemasan, Regresi Logistic, Label Halal MUI, Guru Muslim

Abstract

Jumlah penduduk beragama Islam di Kota Depokberjumlah 1 645 762 jiwa(Kantor Wilayah Agama Provinsi Jawa Barat 2015).Banyaknya penduduk beragama Islam di Kota Depok diharapkan akan meningkatkan kesadaran penduduk untuk mengetahui pentingnya mengonsumsi pangan halal. Salah satu produk pangan yang beredar di masyarakat adalah produk pangan kemasan. Label halal MUI pada produk pangan kemasan menjadi indikator yang penting dalam menentukan kehalalan. Guru memilikiperan penting dalam mengedukasisiswa-siswi dalam memilih produk pangan kemasan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi guru Muslim dalam memilih produk pangan kemasan berlabel halal MUI di Kota Depok. Penelitian dilakukan di Kota Depok dengan jumlah 60 responden, menggunakan teknik non-probabilitysampling. Hasil analisis menggunakan regresi logistik menunjukan bahwa pengetahuan halal,  halalawareness, dan usiaberpengaruh signifikan terhadap guru Muslim dalammemilih produk pangan kemasan berlabel halal MUI.

References

Abdul A. 2014. Young consumers attitude towards halal food outlets and JAKIM’s halal certification in Malaysia. Journal ofProcedia - Social andBehavioral Sciences 121 vol.121, No 26-34,September 2012[Jurnal]. Kuala Lumpur (MY): Taylors University, Malaysia.
Ade Irwansyah 2016. Pengaruh Label Halal Terhadap Pembelian Konsumen Muslim Pada Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Agustian E.H, Sujana. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. (Studi Kasus Pada Produk Wall‟s Conello). JIMKES, Vol. 1, No. 2, 2013. [Jurnal]. Bogor (ID): STIE Kesatuan.
Al-Quran dan Terjemahan. 2007. Bandung (ID): Penerbit Diponegoro.
Apriyantono A. 2005. Pengaruh perkembangan teknologi pangan dalam menentukanstatus kehalalan produk pangan. Jakarta (ID): Makalah Seminar GoodManufacturing.
Ayyubi SE, Lubis D. 2015. Filosofi Ekonomi Syariah. Bogor (ID): IPB Press.
[BPS] Badan Pusat Statistik 2010. Penduduk Indonesia Menurut Agama yang Dianut. [Internet]. [diunduh 2018 Mar 22]. Tersedia pada: http://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321.
Murti C. 2016. Pengaruh Pengetahuan Dan Kesadaran Terhadap Perilaku Pembelian Pangan Halal [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Fatkhurohmah 2015. Pengaruh Pemahaman label halal dan faktor sosial terhadap niat membeli produk makanan kemasan berlabel halal [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.
Fauzia IY, Riyadi AK. 2004. Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta (ID): Prenadamedia Group.
Firdaus M, Harmini, Afendi F M. 2011. Aplikasi Metode Kuantitatif untukManajemen dan Bisnis. Bogor (ID): IPB Press.
Hasyim A. 2011. Kriteria Sertifikasi Makanan Halal Dalam Perspektif Ibnu Hazmdan MUI [Skripsi]. Jakarta (ID): Institut Pertanian Bogor. [diunduh 2018 10 September]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/6125/1/HASYIM%20ASY'ARI-FSH.pdf.
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan.Edisi Kedua, (Tri Wibowo B.S. Terjemahan. Jakarta: Kencana, 2007), hal. 510.
[KEMENDIKBUD] Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , data guru Kota Depok (2018). Tersedia pada: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/guru/2/026600.
Kotler P. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi milenium. Jakarta (ID): PT Prenhallinda.
Mashitoh AS, Rafida ARN, Alina AR. 2013. Perception Towards Halal Awareness and its Correlation with Halal Certification among Muslims. Middle-East Journal of Scientific Research 13(Approaches of Halal and Thoyyib for Society, Wellness and Health): 01-04, 2013 [Jurnal]. NegeriSembilan (MY): Universiti Sains Islam Malaysia.
Muchit MS. 2016. Guru PAI yang profesional. Quality. IV(2): 218-235.
[MUI] Majelis Ulama Indonesia, Himpunan fatwa majelis ulama Indonesia hal:17. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia 2010.
[MUI] Majelis Ulama Indonesia, Kinerja majelis ulama Indonesia (internet). http://mui.or.id/id/berita/ini-capaian-kinerja-lppom-mui/.
[MUI] Majelis Ulama Indonesia. Persyaratan sertifikasi halal MUI (2018)[internet]. [diunduh 2018 4 Mei]. Tersedia pada: http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/58/1366/page/1.
Nabhan F, Kresniani E. 2005. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Pada Rumah Makan di Kota Batu. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol. 6, No 3 [Jurnal]. Malang (ID): Universitas Gajayana.
Nadia Dwi Fitria 2016. Pengaruh Label Halal Dan Aspek Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Studi Kasus Konsumen Muslim Dki Jakarta) [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Nazir M 2005. Metode Penelitian. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.
[PEMKOT DEPOK] (Depok Kota Halal kedua) (2014) [internet]. [diunduh 2018 10 September]. Tersedia Pada: https://www.depok.go.id/06/11/2014/03-kesehatan-kota-depok/depok-kota-halal.
Priyono E. 2006. Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Memilih Kafe di Kota Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta.Jurnal Benefit Vol. 10, No. 1 [jurnal]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahardi N. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Preferensi Konsumen terhadap Hotel Syariah (Studi Kasus Hotel Sofyan Inn Srigunting) [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Rindo K. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Teory Of Reasoned Action (Studi Kasus Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kotapekanbaru) [skripsi]. Jakarta (ID): Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta.
State of The Global Islamic Economy Report 2016-2017 [Inteernet]. [Diunduh 2018 8 September]. Tersedia pada: https://ceif.iba.edu.pk/pdf/ThomsonReutersstateoftheGlobalIslamicEconomyReport201617.pdf.
Salehudin I, Luthfi BA. 2011. Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention Based on Ajzen’s Planned Behavior Theory: Policy Capturing Studies on Five Different.Journal of Asean Marketing,Vol. 3, No. 1. Depok (ID): Universitas Indonesia.
Shelly. 2016. Analisis faktor-faktor yang memengaruhi ibu rumah tangga muslim dalam memilih produk pangan kemasan berlabel halal MUI di Kota Bogor. [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Said M, hasan F, Musa R, Rahman NA. 2013. Assessing Consumers Perception, Knowledge, and religionsity on Malaysia’s Halal Food Products. international Journal of social science and humanity, vol. 5, no. 1, january 2015[Jurnal].Selangor (MY). University Technology MARA.
Sukesti F, Budiman M. 2014. The Influence Halal label and Personal Religiousity on Purchase Decision Food Products in Indonesia. Jurnal internasionalfakultas ekonomi, bisnis, dan hukum Vol. 4, Juni 2014 [Jurnal]. Semarang(ID): Universitas Muhammadiyah Semarang.
Sumarwan U. 2011. Perilaku Monsumen: Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Bogor (ID): Ghalia Indonesia.
Tanjung H, Devi A. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta (ID):Gramata Publishing.
[UU RI] Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1.
[UU RI] Undang-Undang Republik Indonesia. 1996. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1996 Tentang: Pangan.
Widagdo P. 2015. Faktor-faktor Yang Memengaruhi Awareness Masyarakat Muslim Kota Bogor Terhadap Produk Olahan Pangan Halal [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007), hal. 13-14.

Downloads

Published

2021-07-07