Implementasi Perorganisasian Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji

Authors

  • Primadatu Deswara IAIN METRO

DOI:

https://doi.org/10.32332/multazam.v2i2.5770

Keywords:

Implementasi; Pengorganisasian; Penyelenggaraan; Pelayanan; Haji dan Umrah.

Abstract

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen dalam suatu organisasi, penelitian dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan organisasi yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Pelaksanaan perlu dimaksimalkan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyelewengan dalam meningkatkan profesionalitas kerja pengurus, guru dan pembimbing. Dengan meningkatkan kualitas manasik yang berhasil dan berdaya guna, petugas dapat memberikan layanan yang diharapkan calon jemaah haji. Metode penelitian teknik pengumpulan data deskriptif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis dengan menggunakan penafsir logika yang berhubungan dengan Manajemen Dakwah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pelayanan administrasi calon jemaah haji sudah sesuai SOP, pembagian kerja sudah cukup objektif, serta pendelegasian wewenang sudah disesuaikan kebutuhan dan regulasi.

References

Andrew E. Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga
Davis K., Newstrom JW. 2008. Perilaku dalam Organisasi Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Donnel G.J.L., J.M. Ivancevich. 2011. Organization: Structure, Proces, Behavior. Dallas: Business Publication, Inc
Hamali, dkk. 2019. Pemahaman Administrasi, Organisasi, dan Manajemen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Hasibuan, M.S. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
H. Malayu S.P. Hasibuan. 2018. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Loina, L.K. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi. Jakarta
Manulang M. 1989. Manajemen Personalia. Jakarta Timur: Yudistira
Nidjam, dkk. 2001. Manajemen Haji Studi Kasus dan Telaah Implementasi Knowledge Workers. Jakarta Timur: Zikrul Hakim
Rosadi, Aden. 2011. Sejarah, Perkembangan, dan Pemikiran Pengelolaan Ibadah Haji di Indonesia. Diedit oleh T. Redaksi. Bandung: CV. Arfino Jaya
Siswanto, B. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Stoner A.F.J., dkk. 1996. Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhallindo
Sukayat T. 2016. Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Terry George R. 1993. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Terry George R. dan Leslie W. Rue. 2008. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Terry, G dan Leslie W.R. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Winardi. 2003. Teori Organisasi & Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Pres

Published

2022-12-19