STRATEGI PEMASARAN PRODUK DANA TALANGAN HAJI DALAM MENINGKATKAN CALON JAMAAH HAJI DI BPRS KOTABUMI

Authors

  • Titut Sudiono Institut Agama Islam Negeri Netro

DOI:

https://doi.org/10.32332/multazam.v2i2.5557

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Talangan Haji

Abstract

Produk dana talangan haji yang kerap kali menuai masalah, karena dengan adanya produk tersebut cenderung masyarakat memaksakan diri untuk berhaji. Padahal secara finansial belum memiliki kemampuan. Selain itu, masyarakat yang menggunakan produk dana talangan haji tanpa disadari membuat antrean haji overload, sehingga mereka yang mampu secara finansial terkondisikan mendapatkan antrean yang lebih lama, maka Menteri Agama RI melalui Perma Agama RI melakukan moratorium produk dana talangan haji. Tujuan penelitian ini bagaimana strategi pemasaran produk dana talangan haji ditahun 2018-2019 di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, setelah Menteri Agama RI melakukan moratorium dana talangan haji, sesuai dengan keputusan Perma Agama RI Nomor 24 Tahun 2016, sehingga hasil penelitian ini berfokus pada promosi dan people yang dikemas dalam bentuk periklanan (advertising), TRABAS (Tebar Brosur) ke Instansi Pemerintah dan Swasta, serta event Pengajian Akbar atau Rutinan yang dilakukan secara personal dan kolektif. Dengan demikan, nasabah calon jamaah haji diharapkan dapat pro aktif dan interaktif dalam merespon produk dana talangan haji di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung.

References

Agustin, Evi. Portal-Kanwil Kemenag Jabar. Diakses 14 Mei 2020. https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/kasi-phu-kota-bekasi-kemenag-tidak-fasilitasi-dana-talangan-haji.
Asraf. Pengaruh Produk, Proses Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Produk Kredit BPR Swadaya Anak Nagari Dengan Faktor Sosial Sebagai Variabel Moderator, (STIE) Pasaman, E-Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol. 2, No. 3 (2014): 131.
Donni Juni Priansa. Prilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.
Echa Eriya. Wawancara Pribadi, 4 November 2019.
Elwisam, dan Rahayu Lestari. PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, Vol. 4, No. 2 (30 Juni 2019): 277–86. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.265.
Fandy Tjiptono. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Banyumedia Publising, 2011.
Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
Fani & Anisa. Aplikasi Strategi Produk, Harga dan Promosi Pada Deposito Batara IB di PT Bank Tabungan Negara (PERSERO) Kantor Cabang Syariah (KCS) Malang. Malang: Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang Vol. 1, No.1 (2013): 17–20.
Jajang Sutisna. Wawancara Pribadi, 28 Januari 2020.
Juli Zulfazri. Wawancara Pribadi, 4 November 2019.
Lexy J Moleong. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
M.Nur Rianto Al Arif. Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta, 2012.
Perma RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Perma No. 30 Tahun 2013 Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji. Jakarta, Mei 2016.
Silvia Farandika. Wawancara Pribadi, 28 Januari 2020.

Sjahdeini, Sutan Remy. Perbankan Syariah. Jakarta: Prendamedia Group, 2018.
Sopa &, dan Siti Rahmah. Studi Evaluasi atas Dana Talangan Haji Produk Perbankan Syariah di Indonesia. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah 13, Vol. XIII, No. 2 (7 Agustus 2013): 312.
Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002.
Syamsul Hadi, Widyarini. Dana Talangan Haji Fatwa DSN dan Praktek di LKS. ASY– SYIR’AH: Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum), Vol. 45, No. II(2011): 1485.
Yopi Ashari. Wawancara Pribadi, 28 Januari 2020.

Published

2022-12-19