Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan pada Jamaah Umrah (PT Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah dan Haji Plus)

Authors

  • Suci Hikma Jayanti
  • Nizaruddin Nizruddin Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Hotman Hotman Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/multazam.v1i1.4633

Keywords:

Etika Bisnis Islam, pelayanan, umrah

Abstract

  1. Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah dan Haji Plus sebagai biro perjalanan umrah dan haji plus sejak tahun 2019 dan telah memberangkatkan sebanyak 53 jemaah sampai tahun 2020. PT. Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah dan Haji Plus selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya, mengingat semakin banyaknya pesaing yang bermunculan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah dan Haji Plus telah menerapkan etika bisnis Islam kepada jemaah dalam pelayanan ibadah umrah dengan menerapkan nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai menepati janji dan nilai tanggung jawab.

Kata kunci: etika bisnis Islam, pelayanan, umrah

Published

2022-05-19