Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Keterampilan Mengajar Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Aslamiah Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Celia Cinantya Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Wahdah Refia Rafianti Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ihsak Sins Universitas Utara Malaysia, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.7911

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru – Guru di Sekolah Dasar dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21, sebagai Upaya dalam memenuhi kompetensi peserta didik Abad 21. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode cera,ah, diskusi dan praktek terbimbing. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SD Negeri Melayu 5, Banjarmasn dan diikuti oleh selurruh Guru, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa magang. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memiliki pengetahuan tentang macam- macam model pembelajaran inovatif serta memiliki ketrampilan dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21. Hasil pendampingan tersebut terlihat dari evaluasi kegiatyan yang menunjukkan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan adalah 90% dan tingkat keterampilan peserta dalam merancang model pembelajaran inovatif mencapai lebih dari 90%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan perancangan model pembelajaran inovatif berjalan dengan sukses dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

10-04-2024

How to Cite

Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Keterampilan Mengajar Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar. (2024). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.7911