PELATIHAN KEGIATAN MARKET DAY BAGI GURU TK DI KECAMATAN PRINGSEWU LAMPUNG

Authors

  • Siti Kurniasih IAIN Metro
  • Yulistyas Dwi Asmira Praktisi PAUD Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1764

Keywords:

market day

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu wadah dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Pendidikan anak usia dini ditujukan untuk membantu orang tua dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Salah satu bagian pendidikan anak usia dini yaitu Taman Kanak-kanak (TK), guru TK memiliki peranan penting dalam menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, sehingga perlunya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi guru TK. Metode pembelajaran dapat memengaruhi kreativitas anak. Kreativitas anak usia dini perlu dikembangkan agar anak usia dini dapat menghasilkan suatu karya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan anak untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan dengan tidak mengubah cara belajar anak, yaitu melalui permainan/kegiatan yang menyenangkan. Namun yang terlihat saat observasi guru-guru TK di Kecamatan Pringsewu masih memerlukan pelatihan agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak usia dini. Kami memberikan solusi yakni pelaksanaan pelatihan pembelajaran yang menarik dan baru bagi guru TK di Pringsewu adalah kegiatan Market Day. Pelatihan ini menggunakan metode diskusi, workshop, dan praktik. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner selama proses pengabdian terlihat adanya sambutan dan antusias peserta yang tinggi. Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru-guru TK di Kecamatan Pringsewu dalam menciptakan suatu karya dan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan dan kreativitas anak sesuai usia dan tahapan perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-12-2019

How to Cite

PELATIHAN KEGIATAN MARKET DAY BAGI GURU TK DI KECAMATAN PRINGSEWU LAMPUNG. (2019). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 359-378. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1764