PELATIHAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENYUSUNAN PELAPORANNYA PADA GURU BK DI SMA N 10 KOTA JAMBI
: bimbingan kelompok, Problem based learning, evaluasi
Keywords:
bimbingan kelompok, Problem based learning, evaluasiAbstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan peningkatan skill untuk guru bimbingan dan konseling sehingga kemampuan dapat ditingkatkan. Adapun sasaran dalam pengabdian masyarakat ini guru bimbingan dan konseling SMAN 10 Kota Jambi pelatihan ini terdiri dai dua sesi dengan jabaran sebagai berikut: 1) Didalam pengabdian ini dibentuk sesuai rancangan untuk meningkatkan pengetahuan guru bimbingan dan konseling kami mengadakan workshop sederhana diruagan bimbinan dan konseling, 2) Metode FGD yang digunakan dalam pembinaan dalam workshop ini merupakan focus untuk meningkatkan skill yang dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling yang berada di SMAN 10 Kota Jambi. Dalam hal ini FGD yang dilakukan untuk memberikan keleluasaan bagi guru bimbingan dan konseling untuk bertanya dan mempraktek. Hasil dari pelatihan ini guru bimbigan dan konseling memperoleh pengetahuan yang baru mengenai perluasan ilmu lam bimbingan kelompok hal ini ditunjukan dengan antusias dalam mengikuti pelaksaana. Hasil dari kegiatan PPM ini juga terlihat dalam praktek dan FGDnya guru sangat tertarik dengan metode ini karena dalam metode ini tidak hanya menekankan pada pembentukan dinamika kelompoknamun juga menekankan pada pemikiran kritis anggota kelompok sehingga dalam pelaksanaanya peserta layanannya memperoleh kemampuan berfikir kritis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.