Peningkatan Pendidikan Karakter Santri dalam Mewujudkan Sinergitas Keislaman dan Kemodernan di Pondok Pesantren Al-Gontory Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10329Abstract
Pondok Pesantren Al-Gontory, Malaysia, sebagai lembaga pendidikan Islam, menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para santri mengenai sinergitas antara nilai-nilai keislaman dan kemodernan, sehingga mereka dapat lebih terbuka terhadap perubahan zaman tanpa kehilangan jati diri Islam. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memperkenalkan dan menguatkan pemahaman santri tentang sinergitas antara nilai-nilai keislaman dan kemodernan di Pondok Pesantren Al-Gontory. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif para santri dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman santri sebesar 65% berdasarkan pre-test dan post-test, serta tingginya partisipasi dengan 90% santri hadir dan aktif berdiskusi dalam seminar. Para santri juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam merumuskan penerapan konsep ini dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang hubungan antara agama dan kemajuan zaman, serta mendorong implementasinya secara nyata dalam keseharian santri.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufik Hidayatulloh, Pipip A. Rifai, Fuad Mahbub Siraj, Sunaryo Sunaryo, Aan Rukmana, Ridwan Arif, Khairunnizam bin Mohd Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.