Pembinaan Karakter Anak Melalui Pelatihan Ceramah Dengan Inspirasi Tokoh Ilmuwan Islam Di LPKA
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10327Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan karakter anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh dengan memanfaatkan kisah inspiratif tokoh ilmuwan Islam melalui pelatihan interaktif. Peserta, terdiri dari 38 Anak Binaan Pemasyarakatan (ABP), membutuhkan figur teladan dan penguatan keterampilan komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan diri serta internalisasi nilai-nilai positif. Kegiatan dilaksanakan pada 8-9 Januari 2025 dengan metode ceramah partisipatif, diskusi kelompok, dan evaluasi menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Materi mencakup tujuh tokoh ilmuwan Islam, seperti Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, AlFarabi, Ibnu Khaldun, Al-Biruni, Al-Haytham, dan Jabir Ibnu Hayyan yang menonjolkan dedikasi ilmiah dan integritas moral. Hasil menunjukkan 85% peserta mampu mengidentifikasi minimal tiga tokoh beserta kontribusinya, disertai peningkatan kesadaran nilai-nilai seperti kerja keras dan kejujuran. Selain itu, 70% peserta mengalami kemajuan dalam kemampuan public speaking. Program ini membuktikan efektivitas pendekatan naratif-interaktif dalam pengembangan karakter anak LPKA. Untuk keberlanjutan, disarankan pendampingan lanjutan dan pengayaan metode pembelajaran berbasis praktik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Nurhayati Selian, Lisdayani, Lely Safrina, Lisa Rahma, Khoirul Rizki Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.