Strategi Pengembangan Keterampilan Abad 21 Anak Usia 4-5 Tahun: Analisis Bibliometrik Tahun (2016-2023)
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7976Keywords:
keterampilan abad 21, strategi pengembangan, anak usia diniAbstract
Kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan kompleks di era saat ini memerlukan keterampilan abad 21. Keterampilan utama menurut identifikasi yaitu kritis, kolaborasi, ketangkasan, inisiatif, komunikasi efektif akses dan analisis informasi, serta keingintahuan. Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk mengetahui beragam strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 untuk anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan untuk menyusun artikel ini menggunakan analisis billiometri dan di dapatkan 4 cluster terdiri dari era revolusi industri, keterampilan, strategi pembelajaran dan project based learning. Data yang dikumpulkan berbasis Google Scholar dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2023. Bagian penting dari strategi pembelajaran abad 21 yaitu kerja kelompok, diskusi, penyajian atau presentasi, pembelajaran berbasis HOTS, STEAM, dan blended learning.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License