Wayang Kertas Sebagai Media Jembatan Ajaib Bagi Anak-Anak Dalam Mengembangkan Keterampilan Mendengarkan

Penulis

  • Desmita Desmita Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar ,
  • Adella Kharisma Diyenti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar ,
  • Arsyizahma Wita Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.8588

Kata Kunci:

Pepar Puppets, Children, Listening Skills

Abstrak

Penelitian ini membahas peran penting Wayang Kertas sebagai jembatan ajaib bagi anak-anak dalam menguasai keterampilan mendengarkan. Pembahasan mencakup bagaimana bentuk tradisional cerita ini menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mendengarkan, memahami, dan terlibat dalam cerita. Studi ini mengeksplorasi cara wayang kertas menarik minat audiens muda, menciptakan lingkungan yang mendukung untuk mengasah kemampuan mendengarkan yang krusial sejak dini. Metode yang digunakan adalah studi tinjauan literatur. Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa: Pemanfaatan jenis wayang sebagai medium, berbagai jenis wayang dari modifikasi dan pengembangan, berbagai tujuan penggunaan, dan berbagai sasaran penggunaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wayang Kertas menjadi media belajar anak yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan mendengar anak.

Diterbitkan

2024-01-17