Assesmen Kurikulum Merdeka Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Authors

  • Alimudin Alimudin Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Edo Dwi Cahyo Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Annisa Yulistia Universitas Lampung
  • Santa Idayana Sinaga Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7982

Keywords:

Asesmen Anak Usia Dini, Kurikulum Merdeka, Asesmen Formatif dan Sumatif

Abstract

Asesmen merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam sebuah proses pembelajaran. Asesmen dan pembelajaran merupakan satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas.  Asesmen perlu dilakukan di dalam kegiatan pembelajaran untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan yang telah dirancang oleh pendidik Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk mengetahui  konsep dan teori asesmen di Lembaga Pendidikan anak usia dini pada kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Asesmen pada kurikulum Merdeka memiliki 2 jenis yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif dilaksanakan pada awal kegiatan dan pada saat proses pembelajaran. Asesmen formatif bertujuan untuk  memperbaiki proses pembelajaran bukan untuk menilai perkembangan anak anak. Asesmen sumatif dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran, asesmen  ini dilakukan pada akhir kegiatan. Pada fase Pondasi asesmen formatif dapat dilakukan   satu sampai dua minggu. Acuan pelaksanaan asesmen pada fase pondasi adalah mengacu pada indikator ketercapaian pembelajaran yang telah ditentukan oleh pendidik. Asesmen pada fase pondasi dilakukan menggunakan beberapa Teknik diantaranya adalah Teknik Observasi, Kinerja, dan Portofolio. Pelaksanaan penilaian dilakukan secara autentik, yaitu penilaian yang dilakukan keadaan yang sebenarnya

References

Abdullah Sani, R. (2016). Penilaian Autentik. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Q11mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penilaian+autentik&ots=2UClT0qB7F&sig=HluINvfHSqpeXf_05x1P6rPUTYI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Agustianti, R., Abyadati, S., Nussifera, L., Irvan Irvani, A., Yulia Handayani, D., Hamdani, D., & Ruhbani Amarulloh, R. (2022). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Tohar Media.
Alimudin, A., NIhwan, N., & Zaida, N. A. (2022). Pemanfaatan Media Elektronik Sebagai Media Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh Pada Lembaga PAUD. Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 9(1), 10–25. https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16947
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., & Alhapip, L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. BSKP.
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Pusat pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Erwan Syah, M., Damayanti, E., & Zahara, I. (2022). Mengerti Anak Usia Dini, Landasan Psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
I Putu Suardipa, Kadek Hengki, P. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widiyacara Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2). https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, K. (2022). Kurikulum-merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Kemdikbud, K. (2022). Keputusan Mentri Kemdikbud No 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kemdikbud.
Maisura, R., Anggraeni, A., Rahardjo, M., Winda Yuliantari G.D, P., & Anggriani, F. (2022). Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. BSKAP.
Nggalu Bali, E., Ndeot, F., Nama Koten, A., & Margiani, K. (2023). Pengelolaan Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Sumba Timur NTT. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(4). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15183
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Patta, B. (2017). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Deepublish.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Rahma Suwarna, I., & Indah Susanti, E. (2021). Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belaja. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Ratna Ulan, A. (2018). Menggunakan Asesmen Kinerja untuk pembelajaran sains dan Penelitian. UPI Perss.
Sarkadi, S. (2020). Tahap Penialain Pembelajaran Berdasarkan kurikulum 2013. Jakad Media Publishing.
Siskha Putri Sayekti. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.21
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Pustaka obor Indonesia

Downloads

Published

2023-11-24