Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Poncol

Authors

  • Ariq Nurjannah Irbah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga ,
  • Ahmad Bustomi Institut Agama Islam Negeri Metro ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6660

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19., kompetensi pedagogik, Guru TK, covid 19

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan penguatan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di TK Tunas Muda Poncol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomenalogi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari guru dan orang tua peseta didik TK Tunas Muda Poncol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi pedagogik guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di taman kanak-kanak (TK) tunas muda poncol diantaranya meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif, meningkatkan kemampuan menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.

Abstract

This research aims to describe the strengthening of teacher pedagogy competency onto increased learning quality amid Covid-19 inĀ TK Tunas Muda Poncol. This qualitative research utilizes descriptive analysis to describe every activity and phenomenology. Furthermore, the data collecting method utilizes observation, interviews, and documentation. The researcher took data from teachers and parents of children in TK Tunas Muda Poncol. The result of this research indicates that: the strengthening of teacher pedagogy competency in TK Tunas Muda Poncol amid Covid-19 consist of the increasing of learning quality, ability to utilize technology, ability to communicate effectively, ability to establish learning plan, and ability to evaluation.

Kata Kunci: Pedagogy Competency, Learning amid Covid-19.

Published

2023-06-04