DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD PGRI 15 A IRINGMULYO KOTA METRO

Authors

  • Risa Azizatul Muawanah ,
  • Nihwan Nihwan ,
  • Aguswan Khotibul Umam ,
  • Rizqi Annisa Fitri ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.4744

Keywords:

Gadget, Emosional, Anak usia dini

Abstract

Penggunaan gadget mulai usia kanak-kanak bahkan dewasa dapat menggunakan alat kecil yang sangat praktis dan serba guna ini. Durasi penggunaan gadget yang terlalu lama karena kurangnya pengawasan akan menimbulkan berbagai masalah salah satunya dampak perkembangan emosional, perkembangan emosional merupakan perubahan sikap didalam diri anak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di PAUD PGRI 15A Iringmulyo Kota Metro dan Intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di PAUD PGRI 15A Iirngmuly Kota Metro. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional terhadap anak. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, berlokasikan di PAUD PGRI 15A Iringmulyo Kota Metro.sumber data yang didapat yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.untuk menguji keabsahan data digunakan tringulasi, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dimpulkan bahwa: Dampak penggunaan gadget terhadap emosi anak, anak mudah marah, cenderung lebih egois, bahkan sampai tantrum jika menyangkut tentang gadget. Dan Intensitas penggunaan gadget terhadap emosional anak, jika durasi penggunaan gadget lebih dari 1 jam perhari dan dilakuakan secara terus menerus maka akan berakibat terhadap perkembangan emosional anak.

Published

2022-07-10