UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MELIPAT,MENGGUNTING DAN MENEMPEL) PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS AWAL

Penelitian Tindakan pada Anak Sekolah Dasar Kelas Awal di SDN 8 Metro Timur

Authors

  • Kisno . IAIN Metro
  • Annisa Herlidasari IAIN Metro
  • Miftahul Jannah IAIN Metro
  • Ajeng Rizky Syafitri

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3536

Keywords:

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus: Melipat, Menggunting, Menempel.

Abstract

Pembelajaran keterampilan yang terkait dengan motorik halus siswa di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Timur kelas awal belum berjalan sesuai harapan, media yang digunakan masih kurang bervasiasi dan cenderung monoton. Subyek Penelitian ini adalah anak didik di SDN 8 Metro Timur sebanyak 14 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapakan 2 Siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kegiatan menggunakan teknik 3M (melipat, menggunting, dan menempel) di SDN 8 Metro Timur sebanyak 6 Kali pertemuan dengan menggunakan bahan berupa kertas lipat, gunting, lem, gambar dan kertas hvs. 2) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik 3M di SDN 8 Metro Timuradalah: Kemampuan motorik halus anak sebelum dilaksanakannya penelitian 3M masih rendah yaitu 21,42%, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas terbukti adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I mencapai  28,57% dan peningkatan keseluruhan mencapai 57,15%. Dari observasi yang dilakukan pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II tidak ada anak yang masuk dalam kriteria tidak baik.

 

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus: Melipat, Menggunting, Menempel.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.
Dewi, R. (2005). Berbagai masalah anak Taman Kanak-kanak. Depdiknas.
E, M., & Sudaryanti, W. (1991). Pendidikan Kesenian II. Depdikbud.
Ismail, A. (2006). Education Games. Pilar Media.
Kisno, K., & Fatmawati, N. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL, 2(1), 99-118.
Pamadi, H., & Sukardi, E. (2008). Seni Ketrampilan Anak. Universitas Terbuka.
Santoso, S. (2008). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka.
Sari, D. P. D. (1996). Metode mengajar di Taman Kanak-kanak. Depdikbud.
Sujiono, B. (2010). Metode Peningkatan FIsik. Universitas Terbuka.
Sumanto. (2005). Peningkatan Kreatifitas Seni Rupa Anak TK. Depdiknas.
Sumantri, S. (2005). Model peningkatan ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdiknas.
Suratno. (2005). Peningkatan Kreatifitas Anak Usia Dini. Depdiknas.
Suwandi, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Yuma Pustaka.
Suyanto, S. (2005a). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas.
Suyanto, S. (2005b). Pembelajaran Untuk Anak TK. Depdiknas.
Undang-undang Republik Indonesia. (2003). Sinar Grafik.
Yudha M Saputra, & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Depdiknas.

Published

2021-12-23