UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MELIPAT,MENGGUNTING DAN MENEMPEL) PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS AWAL
Penelitian Tindakan pada Anak Sekolah Dasar Kelas Awal di SDN 8 Metro Timur
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3536Keywords:
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus: Melipat, Menggunting, Menempel.Abstract
Pembelajaran keterampilan yang terkait dengan motorik halus siswa di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Timur kelas awal belum berjalan sesuai harapan, media yang digunakan masih kurang bervasiasi dan cenderung monoton. Subyek Penelitian ini adalah anak didik di SDN 8 Metro Timur sebanyak 14 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapakan 2 Siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kegiatan menggunakan teknik 3M (melipat, menggunting, dan menempel) di SDN 8 Metro Timur sebanyak 6 Kali pertemuan dengan menggunakan bahan berupa kertas lipat, gunting, lem, gambar dan kertas hvs. 2) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik 3M di SDN 8 Metro Timuradalah: Kemampuan motorik halus anak sebelum dilaksanakannya penelitian 3M masih rendah yaitu 21,42%, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas terbukti adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I mencapai 28,57% dan peningkatan keseluruhan mencapai 57,15%. Dari observasi yang dilakukan pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II tidak ada anak yang masuk dalam kriteria tidak baik.
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus: Melipat, Menggunting, Menempel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License