Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Penulis

  • Ary Forniawan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi
  • Dwi Retno Wati Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962

Kata Kunci:

Asesmen diagnostik, Kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstrak

Proses pembelajaran yang mengabaikan perbedaan pengetahuan awal peserta didik tidak membuat peserta didik merdeka dalam belajar. Guru harus memahami kelebihan dan kelemahan setiap peserta didik untuk menentukan tindak lanjut yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil dan tindak lanjut dari hasil asesmen serta menganalisis efektivitas pemberian asesmen diagnostik kognitif pada peningkatan pengetahuan peserta didik kelas IV SD Islam Daarul Hasanah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial materi tumbuhan. Metode penelitian kualititatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek Penelitian guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial serta peserta didik. Objek penelitian asesmen diagnostik kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan asesmen diagnostik kognitif yang dilakukan memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Namun, tingkat kesukaran 60% soal masih dikategorikan mudah dan daya beda soal masih rendah. Tindak lanjut hasil asesmen digunakan guru untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman setiap individu peserta didik. Guru memberikan pengayaan pada peserta didik dengan pemahaman awal di atas rata-rata kelas dan pendampingan pada peserta didik dengan pemahaman awal di bawah rata-rata kelas. Asesmen diagnostik kognitif efektif meningkatkan pengetahuan peserta didik sebesar 12%.

Diterbitkan

2024-01-10

Cara Mengutip

Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (2024). Al Jahiz, 4(2). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama