Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7467Kata Kunci:
e-modul flipbook, problem based learning, pencemaran lingkunganAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepratisan e-modul untuk pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi terdiri dari tahap Define, Design, Development. Penelitian dilaksanakan denga menyebar lembar penilaian kepada para ahli, guru biologi dan peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada uji validitas didapat rerata persentase sebesar 90% Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data dan pembahasan pada uji praktikalitas mendapat rerata 88,14%. Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: E-modul, Pencemaran Lingkungan, Problem Based Learning, Research and Development (R&D)