Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

Penulis

  • Ni Wayan Anggi Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ajeng Purnama Heny Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7467

Kata Kunci:

e-modul flipbook, problem based learning, pencemaran lingkungan

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepratisan e-modul untuk pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi terdiri dari tahap Define, Design, Development. Penelitian dilaksanakan denga menyebar lembar penilaian kepada para ahli, guru biologi dan peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada uji validitas didapat rerata persentase sebesar 90% Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data dan pembahasan pada uji praktikalitas mendapat rerata 88,14%. Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 

Kata kunci: E-modul, Pencemaran Lingkungan, Problem Based Learning, Research and Development (R&D)

Diterbitkan

2023-11-08

Cara Mengutip

Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan. (2023). Al Jahiz, 4(2), 82-94. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7467

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama