Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mata Pelajaran IPA Kelas 9 MTs Negeri Karimun di Era New Normal

Penulis

  • Wilda Sari Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Jl. Raya Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau
  • Erda Muhartati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Elfa Oprasmani Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6449

Kata Kunci:

Persepsi Siswa, Tatap Muka Terbatas, New Normal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPA kelas 9 MTs Negeri Karimun di era new normal. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sebelum kuesioner diserahkan kepada subjek kuesioner tersebut harus dilakukan validasi terlebih dahulu setelah valid maka kuesioner bisa disebarkan. Peneliti menggunakan kriteria penskoran Skala Likert untuk mengukur hasil angket persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap muka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPA kelas 9 MTs Negeri Karimun di era new normal dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil persentase 78,30%  dan di sesuaikan dengan Skala Likert maka persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas di era new normal dapat dikategorikan sangat baik.

Diterbitkan

2023-07-05

Cara Mengutip

Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mata Pelajaran IPA Kelas 9 MTs Negeri Karimun di Era New Normal. (2023). Al Jahiz, 4(1), 70-81. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6449