Meta-Analisis: Validitas Pengembangan E-Booklet Pembelajaran Biologi untuk Peserta didik SMA
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i2.9664Keywords:
Validity, e-Booklet, Biology learningAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap sektor pendidikan di Indonesia. Pembelajaran saat ini menuntut guru untuk menggunakan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan tepat. Salah satu media yang dapat digunakan adalah e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas e-booklet sebagai media pembelajaran biologi yang dihasilkan pada penelitian pengembangan yang telah dipublikasikan. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan menelusuri artikel-artikel sumber melalui Google Cendekia. Sampel yang digunakan terdiri dari 10 jurnal yang berhubungan dengan pengembangan e-booklet. Komponen validitas yang dianalisis meliputi isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa e-booklet memiliki tingkat validitas sebesar 90,12%, yang dikategorikan sangat valid. Oleh karena itu, e-booklet layak digunakan dalam pembelajaran biologi dan direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran biologi.
References
Apriliani, D., Badariah, B., & Oryza, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet pada Materi Kingdom Animalia Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Arikunto, S., & Jabar, C. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, N., & Iswari, R. S. (2021). The Development of Research-Based E-Booklet as Biotechnology Material Supplements to Improve Analytical Capabilities. Journal of Biology Education, 10(2), 237-243. DOI: 10.15294/jbe.v10i2.44910
Daya, W. J., & Saputra, D. I. M. (2020). Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 239-248. DOI: 10.52060/jmo.v2i2.322
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Depdiknas.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal ilmiah Didaktika, 12(1), 149-162. DOI: 10.22373/jid.v12i1.444
Fiqriani, R. A., Halang, B., & Mahrudin, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Keanekaragaman Famili Cyprinidae sebagai Bahan Pengayaan Konsep Animalia di SMA. Jupeis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 14-28. DOI: 10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.410
Harahap, I. A. (2020). Pengembangan Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Hasanah, U., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Scientific Literacy Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 498-505. DOI: 10.26740/bioedu.v9n3.p498-505
Johana, M., & Widayanti, A. (2007). Komik sebagai Media Pengajaran Bahasa yang Komunikatif bagi Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). DOI: 10.15294/lik.v36i1.523
Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178-184. DOI: 10.33394/jtp.v6i2.4089
Ismayeni, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Karmellia, F. H., & Lufri, L. (2023). Development of an E-Booklet with Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Nuances on Virus Material for Class X SMA/MA. Penbios: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 8(01), 01-10.
Lufri. (2010). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Marcellina, R. J., Karyadi, B., Parlindungan, D., Uliyandari, M., & Sutarno, M. (2023). Pengembangan E-Booklet Lemea Lebong sebagai Media Pembelajaran Materi Bioteknologi untuk Siswa SMP. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 110-119. DOI: 10.31539/bioedusains.v6i1.5923
Novianti, P., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 225-230. DOI: 10.23887/jeu.v9i2.40438
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Upej Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58. DOI: 10.15294/upej.v6i3.19270
Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). GeoEco, 2(2).
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 162-169. DOI: 10.15294/JISE.V6I2.14224
Rahmi, D., & Sumarmin, R. (2021). Booklet Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 234-241. DOI: 10.23887/jppp.v5i2.35641
Rustan, S. (2008). Layout Dasar dan Penerapannya. Gramedia Pustaka Utama.
Sakinah, S., Arsih, F., Syamsurizal, S., & Rahmatika, H. (2024). Development Booklet 3-Dimensional Image-Based Digital as Learning Media on Virus Materials for Senior High School. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 98-110. DOI: 10.31932/jpbio.v9i1.3394
Sarinami, P., & Zulyusri, Z. (2022). Meta-Analisis Validitas Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Pembelajaran Biologi SMA/MA. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 76-82. DOI: 10.37058/metaedukasi.v4i2.5437
Satmoko, S., & Astuti, H. T. (2006). Pengaruh Bahasa Booklet pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Sapi Perah tentang Inseminasi Buatan di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Jurnal penyuluhan, 2(2). DOI: 10.25015/penyuluhan.v2i2.2184
Sinaga, H., Silalahi, M. V., & Situmorang, M. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7116-7130. DOI: 10.31004/innovative.v3i5.5702
Syari, E. M., Sumarmin, R., & Ahda, Y. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dilengkapi Video Pembelajaran dengan Pendekatan CTL pada Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan untuk Kelas V SD. Kolaboratif, 1(1).
Winda, W. A., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala pada Konsep Animalia. Jupenji: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 61-77. DOI: 10.57218/jupenji.Vol1.Iss3.373
Yamir, W. K. U. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA untuk SMA di Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Yogica, R., Fitri, R., & Rahmatika, H. (2024). Pengembangan E-Booklet Interaktif Bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9225-9232. DOI: 10.31004/jptam.v8i1.13786
Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 39-44. DOI: 10.23887/jlls.v4i1.34289
Zulfaningrum, R., & PM, H. K. E. (2023). Penyusunan E-Booklet sebagai Sumber Belajar Kelas X Materi Plantae dari Penelitian Etnobotani Tradisi Malam Selikuran di Kawasan Dewi Tinalah Kulon Progo. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 688-695. DOI: 10.59188/jcs.v2i2.252