Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Ary Forniawan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi
  • Dwi Retno Wati Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962

Keywords:

Asesmen diagnostik, Kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstract

Proses pembelajaran yang mengabaikan perbedaan pengetahuan awal peserta didik tidak membuat peserta didik merdeka dalam belajar. Guru harus memahami kelebihan dan kelemahan setiap peserta didik untuk menentukan tindak lanjut yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil dan tindak lanjut dari hasil asesmen serta menganalisis efektivitas pemberian asesmen diagnostik kognitif pada peningkatan pengetahuan peserta didik kelas IV SD Islam Daarul Hasanah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial materi tumbuhan. Metode penelitian kualititatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek Penelitian guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial serta peserta didik. Objek penelitian asesmen diagnostik kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan asesmen diagnostik kognitif yang dilakukan memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Namun, tingkat kesukaran 60% soal masih dikategorikan mudah dan daya beda soal masih rendah. Tindak lanjut hasil asesmen digunakan guru untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman setiap individu peserta didik. Guru memberikan pengayaan pada peserta didik dengan pemahaman awal di atas rata-rata kelas dan pendampingan pada peserta didik dengan pemahaman awal di bawah rata-rata kelas. Asesmen diagnostik kognitif efektif meningkatkan pengetahuan peserta didik sebesar 12%.

References

Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/725

Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a9.2018

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Basir, R. M., Muhaqqiqoh, S. S., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi : Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan , 1(2), 132–138. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/56/55

Idrul, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 2685-4538.

Dewi, N. L., Sukamto, & Prasetyowati, D. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(02), 4979–4994.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780–1793.

Febrianti, P. V. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 17–24.

Hanaunnadiya, F., Azizah, M., Untari, M. F. A., & Purbiyanti, E. D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 5(2), 678–685.

Insani, F., Nuroso, H., & Iin Purnamasari. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(02), 4450–4458.

Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 1(1).

Kemendikbud. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/puspendik-public/FINAL%20Buku%20saku%20Asesmen%20Kognitif%20Berkala.pdf

Lestari, D. P., Joharmawan, R., & Purwati, Y. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMP Negeri 1 Ngasem kelas VII mata pelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.17977/um067v3i1p12-18

Mahara, Fajriyani, & Eka Sriwahyuni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Padamata Pelajaran Ipa. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edukimbiosis/article/view/4655

Maulana, S., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Susilaningsih, E. (2023). Implementasi Rasch Model dalam Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik. 748–754. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes748

Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811–8820.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Shidiq, S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) . http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4671

Suarni. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaaran Bahasa Inggris Kelas Xi/Fase F Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong. JKIP Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1, 263–270. https://jurnalcendekia.id/index.php/jipp/

Suhelayanti, Syamsiah Z, & Ima Rahmawati. (2023). Buku Referensi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial IPAS. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/10795/Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS.pdf

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, teknik, prosedur (5th ed.). Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962