Penggunaan Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Sistem Ekskresi

Authors

  • Saumi Setyaningrum ningrum FTIK IAIN Prontianak
  • Mulyatmi Mulyatmi MAN 1 Kubu Raya, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5572

Keywords:

Numbered Head Together, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi

Abstract

Hasil belajar termasuk satuan ukur efektivitas suatu pembelajaran, sehingga penting untuk ketahui secara jelas dan ditindaklanjuti. Proses pembelajaran mata pelajaran Biologi telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh guru biologi pada materi materi ekskresi di kelas XI IPA MAN I Kuburaya, namun hasil belajar belum maksimal meskipun sudah menggunakan metode pembelajaran aktif. Siswa masih kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian penggunaan strategi atau metode Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekskresi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan satu kali post tes per siklusnya. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan benar salah berjumlah 25 butir untuk masing-masing siklus dan lembar hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran 100% terlaksana serta terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 44% menjadi 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem ekskresi.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Penggunaan Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Sistem Ekskresi. (2022). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 103-117. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5572