Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Biologi pada Proses Pembelajaran Online

Authors

  • Sepita Ferazona Universitas Islam Riau
  • S. Sundari Universitas Islam Riau
  • Suryanti Suryanti Universitas Islam Riau
  • Siti Robiah Universitas Islam Riau
  • Fitriyeni Fitriyeni Universitas Islam Riau
  • Laili Rahmi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4870

Keywords:

Kesulitan belajar, Pembelajaran online, Pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk dapat mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa selama proses pembelajaran online  pada mata pelajaran biologi. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling secara acak (simple random sampling). Jumlah sampel pada penelitian adalah 126 siswa. Instrumen pada penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 38 item dan telah divalidasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket online yang dibuat menggunakan google form. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa selama pembelajaran online pada mata pelajaran biologi adalah konsentrasi belajar siswa 60,65% kategori sedang, motivasi siswa 86,26% kategori tinggi, rasa percaya diri 60,05% kategori sedang , perhatian orang tua 64,92% pada kategori sedang, nilai persentase kategori rendah yaitu keadaan ekonomi keluarga 52,38%, cara mengajar guru 53,70% kategori rendah, kendala proses 60,01% kategori sedang dan kendala teknis 57,31% dengan kategori sedang. Maka dapat disimpukan analisa kesulitan belajar siswa mempelajari materi biologi pada pembelajaran online di kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 61,91% dikategorikan cukup

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Biologi pada Proses Pembelajaran Online. (2022). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 63-72. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4870