Analisis Kondisi Belajar Siswa pada Pandemi Menuju Pasca Pandemi di SMA Negeri 5 Sungai Penuh
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4706Keywords:
Kondisi Belajar, Pandemi Covid, Pasca PandemiAbstract
Siswa dihadapkan dengan proses pergeseran pola belajar dari masa pandemi menuju pasca pandemi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kondisi belajar siswa sebelum dan setalah pandemi covid 19, di SMAN 5 Sungai Penuh. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan penelitian kombinasi model Sequential Exlanatory. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan lembar observasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa masing-masing siswa memiliki perbedaaan kesiapan dan kondisi pembelajaran yang berbeda selama pandemi menunju pasca pandemi. Hal tersebut di tunjukkan dengan presentase kesiapan dan adapatasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kesiapan siswa selama pandemi covid 19.