Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro

Authors

  • Raissa Mataniari Universitas Jambi
  • Fatria Dewi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4074

Keywords:

Instrumen Pembelajaran, Higher Order Thinking Skills, Desain Pembelajaran, Pembelajaran Mikro

Abstract

Mata kuliah Pembelajaran Mikro mempersiapkan kompetensi pedagogic mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran dan juga praktik mengajar. Meskipun mata kuliah Pembelajaran Mikro telah dihadirkan di perkuliahan, namun kendala yang dihadapi mahasiswa di mata kuliah ini masih saja sama, yakni kesulitan dalam mendesain pembelajaran. Fenomena ini menyuarakan perlunya terobosan baru pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro yang dapat memacu kemampuan mahasiswa dalam mendesain pembelajaran mereka. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi. Research and Development (R&D) digunakan pada penelitian ini. Pada penelitian ini, dihasilkan tiga instrument penelitian: Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rubrik Penilaian, dan Peta Konsep. RPS yang dirancang berdasarkan hasil FGD dan revisi merupakan RPS yang terkandung aspek-aspek yang mampu memacu proses berpikir tingkat tinggi siswa (HOTs/Higher Order Thinking Skills).

Downloads

Published

2021-12-29