Sosial Media dan Pembelajaran Kolaboratif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro , Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Afif Alfiyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mailizar Mailizar Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
  • Misbahul Jannah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Badaruddin Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v8i1.8084

Keywords:

Sosial media, pembelajaran kolaboratif, pendidikan agama Islam, budi pekerti

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan media sosial dalam konteks pembelajaran kolaboratif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah menjadi topik yang semakin relevan dan penting dalam era digital saat ini. Media sosial memberikan platform yang memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi sumber daya, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam pemahaman dan praktik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Media sosial juga memungkinkan penggunaan berbagai sumber daya seperti video, teks, gambar, dan artikel terkait yang dapat memperkaya pembelajaran. Namun, penggunaan media sosial dalam konteks pendidikan juga menimbulkan sejumlah tantangan seperti risiko privasi, masalah keamanan, dan pengawasan yang diperlukan untuk menjaga lingkungan pembelajaran yang aman. Dalam kesimpulannya, penggunaan media sosial dalam pembelajaran kolaboratif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai agama dan etika, serta meningkatkan perilaku moral. Namun, penggunaan media sosial perlu diintegrasikan dengan bijak dan dengan perhatian terhadap isu-isu keamanan dan privasi.

Kata kunci: Sosial media, pembelajaran kolaboratif, pendidikan agama Islam,  budi pekerti

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, seorang Dosen PNS pada Institut Agama Islam Negeri Metro. Konsentrasi kajiannya adalah Pendidikan Agama Islam. Dia dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Informasi karya tulisnya terangkum di https://bit.ly/GS-Dedi. Pengalaman risetnya diantaranya: Pemetaan Kajian Skripsi di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro (2016); Nilai Moral Serat Kalatidha untuk Membangun Harmoni di Tengah Kemajemukan (2017); “Arah Baru” Pendidikan Islam di Lampung: Membaca Shifting Paradigm Pendidikan Islam pada Masyarakat Adat Lampung (2018); Mengelola Kemandirian Lokal: Menilik Kontribusi Tokoh Adat Lampung dalam Membangun Pendidikan Karakter Bangsa (2019); Kitab Kuning dan Formalisasi Pendidikan Islam Pesantren Tafsir Al Qur’an dalam Pendidikan Diniyah Formal (2020); dan Menggagas Pendidikan Moderasi Beragama di Era Education 4.0 Berbasis Manuskrip: Analisis Hermeneutik Serat Wedharaga (2021); dan Analisis Pemikiran Buya Husein Muhammad terhadap Childfree Lifestyle dalam Konstruksi Masyarakat Indonesia (2022). ID terkait dengan Dedi Wahyudi diantaranya: NIP 199101032015031003, Scopus (57816677400), Sinta (235339), dan Orcid (0000-0001-5075-0086).

Downloads

Published

2024-06-29