Sosial Media dan Pembelajaran Kolaboratif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Afif Alfiyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mailizar Mailizar Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
  • Misbahul Jannah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Badaruddin Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v8i1.8084

Keywords:

Sosial media, pembelajaran kolaboratif, pendidikan agama Islam, budi pekerti

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan media sosial dalam konteks pembelajaran kolaboratif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah menjadi topik yang semakin relevan dan penting dalam era digital saat ini. Media sosial memberikan platform yang memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi sumber daya, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam pemahaman dan praktik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Media sosial juga memungkinkan penggunaan berbagai sumber daya seperti video, teks, gambar, dan artikel terkait yang dapat memperkaya pembelajaran. Namun, penggunaan media sosial dalam konteks pendidikan juga menimbulkan sejumlah tantangan seperti risiko privasi, masalah keamanan, dan pengawasan yang diperlukan untuk menjaga lingkungan pembelajaran yang aman. Dalam kesimpulannya, penggunaan media sosial dalam pembelajaran kolaboratif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai agama dan etika, serta meningkatkan perilaku moral. Namun, penggunaan media sosial perlu diintegrasikan dengan bijak dan dengan perhatian terhadap isu-isu keamanan dan privasi.

Kata kunci: Sosial media, pembelajaran kolaboratif, pendidikan agama Islam,  budi pekerti

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, seorang Dosen PNS pada Institut Agama Islam Negeri Metro. Konsentrasi kajiannya adalah Pendidikan Agama Islam. Dia dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Informasi karya tulisnya terangkum di https://bit.ly/GS-Dedi. Pengalaman risetnya diantaranya: Pemetaan Kajian Skripsi di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro (2016); Nilai Moral Serat Kalatidha untuk Membangun Harmoni di Tengah Kemajemukan (2017); “Arah Baru” Pendidikan Islam di Lampung: Membaca Shifting Paradigm Pendidikan Islam pada Masyarakat Adat Lampung (2018); Mengelola Kemandirian Lokal: Menilik Kontribusi Tokoh Adat Lampung dalam Membangun Pendidikan Karakter Bangsa (2019); Kitab Kuning dan Formalisasi Pendidikan Islam Pesantren Tafsir Al Qur’an dalam Pendidikan Diniyah Formal (2020); dan Menggagas Pendidikan Moderasi Beragama di Era Education 4.0 Berbasis Manuskrip: Analisis Hermeneutik Serat Wedharaga (2021); dan Analisis Pemikiran Buya Husein Muhammad terhadap Childfree Lifestyle dalam Konstruksi Masyarakat Indonesia (2022). ID terkait dengan Dedi Wahyudi diantaranya: NIP 199101032015031003, Scopus (57816677400), Sinta (235339), dan Orcid (0000-0001-5075-0086).

References

Adawiyah, Y. R., & Jennah, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 778–784. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V9I2.5059
Adela, A., & Amry, Z. (2021). Integrasi Falsafah Dalihan Natolu dalam Model Pembelajaran Kolaboratif Sebagai Upaya Mencegah Perundungan di Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.24114/JFI.V2I1.28657
Alfan, M., Khasairi, M., Nurhidayati, N., & Maziyah, L. (2021). Interactive Android Based Learning Media sebagai Inovasi Pembelajaran Membaca Bahasa Arab di Perguruan Tinggi: Desain Pengembangan Rekursif, Reflektif, dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1435–1445. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V5I10.14112
Amalia, F., Rusdianto, D. S., Pradana, F., & Kurniawan, T. A. (2023). Pemanfaatan Website Trello dalam Menunjang Pembelajaran Kolaboratif di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 197–203. https://doi.org/10.20527/BTJPM.V5I1.6849
Azhar, K. (2019). Perbedaan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Dan Kompetitif Di SMK Negeri 1 PP Kualuh Selatan. Murabbi, 2(2). https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/murabbi/article/view/51
Beng, J. T., Tiatri, S., Mirabella, M., Perlita, N., & Dewi, F. I. R. (2021). Dampak Pembelajaran Kolaboratif Dalam MBKM Penelitian: Studi Kasus Di Universitas X. Prosiding Serina UNTAR MBKM, 78–85. https://journal.untar.ac.id/index.php/Serina_MBKM/article/view/18781
Beny, K., Permana, A., Renda, N. T., & Gede Margunayasa, I. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 223–232. https://doi.org/10.23887/JP2.V3I2.26552
Binti Abu Kasim, R., Tasir, Z., Sultan Abu Bakar, M., Sg Chat, J., & Bahru, J. (2022). Ciri-Ciri Pembelajaran Kolaboratif Menerusi Google Classroom yang Meningkatkan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi Pelajar. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), e001332–e001332. https://doi.org/10.47405/MJSSH.V7I3.1332
Candrarini, K. P., Sunarto, & Nugroho, J. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/20. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/12047
Darmawan, G., & Pujiastuti, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 244–248. https://doi.org/10.57096/LENTERA.V1I4.44
Darwati. (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif Kunjungan Wisata Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Perjuangan Trunajaya Kepada Siswa SMA. Historia Pedagogia, 7(1), 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/hp/article/view/28059
Eriyanti, R., Eriyanti, R. W., Cholily, Y. M., Rahardjanto, A., Masduki, M., & Andriyana, A. (2022). Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Melalui Lesson Study Kolaboratif. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(1), 166–176. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5724
Fauziah, F. (2021). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Breakout Room Zoom Meeting Pada Pembelajaran Jarak Jauh. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 226–232. https://doi.org/10.51878/EDUTECH.V1I3.683
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86. https://doi.org/10.35585/INSPIR.V10I1.2564
Fuad. (2022). Pembelajaran Kolaboratif Dan Kooperatif Konsep Dasar Implementasinya Terhadap Kematangan Objek Didik. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 17(1). https://doi.org/10.58645/JURNALAZKIA.V17I1.170
Hajarudin. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kolaboratif dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di STIE Ganesha. Journal on Education, 5(4), 17352–17362. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.4154
Handayani, R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Berbasis Informatika. Eksponen, 9(2), 45–51. https://doi.org/10.47637/EKSPONEN.V9I2.59
Idulfilastri, R. M., Tiatri, S., Keni, K., Solikhah, N., Dewi, F. I. R., & Beng, J. T. (2022). Dampak Psikologis Mahasiswa Pada Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dan Partisipatif Di Kabupaten Belitung. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 198–206. https://doi.org/10.24912/JMISHUMSEN.V6I1.16074.2022
Ismayu, E., Astra, I. M., & Susila, A. B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif dengan Berbantuan Worksheet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 0(0), 29–34. http://conference.um.ac.id/index.php/fis/article/view/500
Ketut, G., & Sunu, A. (2021). Mengelola E-Learning Melalui Pembelajaran Kolaboratif Di Dalam Kelas Yang Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 318–330. https://doi.org/10.23887/JPKU.V9I2.34135
Kurniati, K. (2023). Menulis Teks Observasi Melalui Pembelajaran Kolaboratif Analytic Team Dengan Teknik Identifikasi Objek. Sirok Bastra, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.37671/SB.V11I1.365
Magdalena, L., & Septian, W. E. (2023). Pemanfaatan Miro Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Kolaboratif Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 19–26. https://doi.org/10.37792/JUKANTI.V6I1.845
Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/JITP.V8I2.38706
Malikah, S. (2022). Pembelajaran Matematika Kolaboratif Berbasis Online dengan Google Workspace for Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2857–2871. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I3.1624
Maswah, M. M., & Utaminingsih, S. (2022). Efektifitas Media E-Story Book Materi Pembiasaan Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Pembelajaran Kolaboratif. Joyful Learning Journal, 11(3), 122–129. https://doi.org/10.15294/JLJ.V11I3.60242
Maulida, M., & Nadiyah, N.-. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Tematik Dan Kolaboratif Di Kelompok Bermain Aisyiah Mutiara Ummi Kalasan Yogyakarta. DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 46–63. https://doi.org/10.47732/DARRIS.V2I1.126
Mukhtar, M. (2023). Pembelajaran Kooperatif Dan Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam. Ameena Journal, 1(2), 162–174. https://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/21
Multazam, M., & Gunawan, K. (2018). Konsep Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Mobile Learning. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 7(2), 2302–5700. https://doi.org/10.55181/IJNS.V7I2.1504
Mutiarani, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Buzz Group Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2087–2412. https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V9I2.3863
Nasih, A., Pasani, C. F., & Kamaliyah, K. (2021). Implementasi Model Student Teams Achievement Division Untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMP. JURMADIKTA, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/JURMADIKTA.V1I2.793
Nurhayati, N. (2020). Content Analysis tentang Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.24256/JPMIPA.V8I2.857
Nurlaely, L. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Peer Learning Metode Buzz Group Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Pediamatika, 1(03). https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/pmat/article/view/5877
Oktafiani, I. S., Muhtarom, Y., & Ahdad, M. M. (2022). Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Selatbaru Kabupaten Bengkalis. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 227–234. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/916
Othman, N. B. (2023). Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2656–5862. https://doi.org/10.58258/JIME.V9I3.5733
Pandie, S. G., & Manapa, I. Y. H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Pendekatan Blended Learning. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/SAP.V6I1.8614
Paranita, K., Riyanti, K., Fanny, D., & Permadi, H. (2022). Inovasi Menggambar Kolaboratif Menggunakan Drawpile Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I1.114
Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis Kualitatif Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 415–420. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/88
Pratama, H. A. P., & Mansur, H. (2023). Pemanfaatan Microsoft TEAMS Sebagai Learning Management System Untuk Mendukung Pembelajaran Kolaboratif. J-INSTECH, 4(2), 47–57. https://doi.org/10.20527/J-INSTECH.V4I2.8824
Putra, L. D., & filianti, filianti. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–138. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V7I1.6315
Rahayu, N., Faniashi, C., Astra, M., & Susanti, D. (2023). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta Didik SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF42
Rochmi, A. F. (2023). Model Pembelajaran Kolaboratif Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 46–60. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/45585
Ruminda, M., Keke, Y., Saribanon, E., Sari, M., & Indriyati. (2022). Dampak Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Kolaboratif Merdeka Belajar Bagi Mahasiswa Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2250–2260. https://doi.org/10.32670/FAIRVALUE.V4I6.1090
Sani, A. F., Muchtia, A., & Fitri, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(2), 918–928. https://doi.org/10.24036/PROSEMNASBIO/VOL2/526
Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 69–81. https://doi.org/10.19184/PGEO.V5I2.33138
Setiawan, A., Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online Terintegrasi E-Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Terhadap Matematika Wawan, E., & History, A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online Terintegrasi E-Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Terhadap Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(02). https://doi.org/10.25217/JTEP.V1I02.1760
Silangen, P. M., Fitrianingrum, A. M., & Korompis, F. L. S. (2023). Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika. SCIENING : Science Learning Journal, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.53682/SLJ.V4I1.6495
Sobri, M., Iryani, E., Supian, & Rafii, M. (2022). Coaching Model : Metode Mitra Belajar Agama Kolaboratif pada Program Tutorial PAI Pembelajaran Agama Islam Universitas Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 166–187. https://doi.org/10.51311/NURIS.V9I2.440
Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029–1040. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I2.444
Srikandi, C. F. (2022). Melalui Model pembelajaran Kolaboratif Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Teks Report Pada Siswa Kelas X. IPA SMA Negeri 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Serambi Akademica, 10(4), 427–434. https://doi.org/10.32672/JSA.V10I4.4339
Sudiarto, T. (2022). Kontribusi Pembelajaran Kolaboratif dan Lesson Study terhadap Partisipasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 42–53. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/248
Syamsuddin, A., Tahir, R., Munir, A., Ali, M. Y., & Mado, I. (2022). Deskripsi Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif-Partisipatif pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Kerjasama MBKM. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.30605/JSGP.5.1.2022.1660
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V6I1.4470
Trigustini, M., Hakim, L., Kuswidyanarko, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 170 Palembangu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 272–283. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V2I1.3422
Waluyati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Buku Teks untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Kolaboratif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kakubukuteks IPS Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP BIMA. Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 10–25. https://doi.org/10.33627/ES.V1I2.24
Widha, T. L., Pratama, D. S., & Hudah, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dan Kolaboratif Melalui Media Googleclassroom Terhadap Hasil Kognitif Siswa Kelas XI SMA N 1 Wadaslintang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 3(1), 29–41. https://doi.org/10.53869/JPAS.V3I1.169
Winata, K. A. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Dan Kreatif Untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/SCAFFOLDING.V2I1.193
Zikky, M., Susanto, D., & Ramadhi, I. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Jarak Jauh Untuk Laboratorium Video Broadcasting Berbasis Virtual Reality Kolaboratif. JST (Jurnal Sains Terapan), 6(2), 112–120. https://doi.org/10.32487/JST.V6I2.941
Zuhriyah, A. (2022). Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 100–108. https://doi.org/10.37640/JIP.V13I2.1016

Downloads

Published

2024-06-29