Penerapan Klausul ISO 21001:2018 Sebagai Upaya Penguatan Manajemen Budaya Mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5550Keywords:
ISO 21001:2018, manajemen mutu, budaya mutu, SMOPAbstract
Upaya dari PTKIN dalam menciptakan insan berakhlakul karimah dan berintelektual tersebut tidak serta merta lahir dari sebuah proses dan sistem yang instan. Kesemuanya harus didukung oleh ketersediaan instrumen dan budaya mutu dari seluruh elemen penyelenggara yang ada di IAIN Metro. Konsistensi dan komitmen manajemen budaya mutu menjadi kata kunci bagi IAIN Metro dalam mencapai kualitas output yang dihasilkan. Artikel ini bertujuan untuk menggali informasi dan fakta melalui data-data yang ada di IAIN Metro dalam menjamin komitmen terselenggaranya budaya mutu melalui penerapan ISO 21001:2018. Metode yang digunakan dalam menggali berbagai informasi dan fakta tentang penerapan ISO 21001:2018 dalam kerangka penguatan manajemen mutu pada IAIN Metro dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan IAIN Metro, Ketua-Ketua lembaga, dan pimpinan fakultas. Untuk mendapatkan data dan informasi yang valid dan akurat, maka pengumpulan data dilakukan melalui interview, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah display, data reduction, dan drawing conclussions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ISO 21001:2018 dalam memperkuat manajemen budaya mutu di IAIN Metro dilakukan melalui Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) dengan menerapkan model tata kelola organisasi yang berkualitas melalui sinergisitas seluruh komponen dan elemen yang ada dengan merujuk pada klausul yang diatur dalam ISO 21001:2018. Memang dalam penguatan manajemen budaya mutu pada IAIN Metro ISO 21001:2018 bukanlah satu-satunya instrumen, tapi kehadiran instrumen tersebut dirasakan mampu menjadi instrumen yang mendukung eksistensi proses, sistem, komitmen dan kebijakan yang diterapkan berdasarkan klausul yang ada pada ISO 21001:2018 tersebut.
Downloads
References
Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, [terj.] Yosal Iriantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Asy’ari, H. (2015). Perbandingan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, Standard BAN- PT dan Total Quality Management di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Pendidikan Islam, IV, 141–157.
Buku pedoman penggunaan dan penerapan klausul ISO 21001:2018, BSN, 2020
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004
Faura, M. C., Sanchez-Ruiz, D., Tello, P., Tullume, J., & Vilchez-Sandoval, J. (2019, September). Compliance Assessment of ISO 21001: 2018 Clause 8.5 in the Systems Engineering Program of Universidad Autónoma del Perú. In 2019 International Symposium on Engineering Accreditation and Education (ICACIT). IEEE.
Firdaus, Sistem Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Bermutu di Perguruan Tinggi. Makalah, disampaikan dalam “Technical Asistance Peningkatan Metode Pengajaran, Riau, 2012
Hamid Hasan Bilgrami, & Sayid Ali Asyraf. Konsep Universitas Islam, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1989
https://mutuinstitute.com/post/pentingnya-penerapan-iso-21001-2018/, Pentingnya Penerapan ISO 21001:2018 untuk Pendidikan di Indonesia
https://mutuinstitute.com/post/pentingnya-penerapan-iso-21001-2018/, Pentingnya penerapan ISO 210010:2018 untuk pendidikan di Indonesia, 1
Imam Mahriyansyah, https://ccg.co.id/blog/2022/03/24/penerapan-iso-21001-dalam-organisasi-pendidikan/
Khoiri, I., Consultant, I. S. O., Secara, T. P., Dini, P. U., & Ios, S. (2020). Sistem manajemen organisasi pendidikan iso 21001: 2018
Nur Hidayati, Tegar Ega Pragita, Wiranti Suwarti Sari, Panduan Penerapan ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidika, Jakarta: BSN, 2020
Riyanta, T. Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2016
Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, [Terj.] Ahmad Ali Riyadi. Jogjakarta: Ircisod, 2006
Santosa, I. A. & A, Dinamika LPTK Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (World Class University/WCU), 2017
Sila, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 2085–0018.
Stanley J. Spanbauer, A Quality System for Education, Milwaukee: ASQC Quality Press, 1992
Undang- Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012