Pengaruh Interaksi Pembelajaran Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Al Amanah Sunter Agung Tanjung Priok Jakarta Utara

Authors

  • Abdul Hafidz Sholeh Tarbiyah jurnal ilmiyah pendidikan
  • Edi Junaedi Sastradiharja
  • Farizal MS

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v5i1.2629

Keywords:

Interaksi Pembelajaran, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, dan Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi pembelajaran dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket dan tes. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini siswa SDIT Al Amanah kelas V dengan jumlah sampel 80 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarakan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 54.5%, dan persamaan regresi linier sederhana menunjukkan Ŷ = 45,275 + 0.357 X1. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor interaksi pembelajaran, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor hasil belajar siswa pada matapelajaran PAI sebesar  45,632.  Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaataan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarakan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 53.2%, dan persamaan regresi linear sederhana menunjukkan Ŷ = 44,889 + 0.352X2. Hal ini  berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pemanfaatan perpustakaan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor hasil belajar PAI siswa sebesar  45,241.

Ketiga, Terdapat pengaruh Positif dan dan signifikan interaksi pembelajaran dan pemanfaatan perpustakaan secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarakan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 57,5%, dan persamaan regresi linier berganda menunjukkan Ŷ = 42,321 + 0. 207 X1 + 0.172X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor interaksi pembelajaran dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sebesar  42,70. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-02