KONSTRUK EPISTIMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
pendidikan islam, epistimologi, bangunan pendidikan IslamAbstract
Pendidikan Islam harus lebih unggul dibandingkan pendidikan lainnya. Namun pada umumnya, pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan pendidikan lainnya. Berbagai upaya untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul telah dilakukan, namun hasilnya belum menggemberikan. Tentang sebab-sebab mengapa upaya mengunggulkan pendidikan Islam tersebut belum berhasil, antara lain karena upaya yang dilakukan itu masih bertumpu pada pemecahan yang belum mendasar dan bersifat parsial. Upaya yang mendasar dan integrated untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul antara lain dengan membangun epistimologi pendidikan Islam yang unggul, yang hingga saat ini dianggap belum pernah dirumuskan, termasuk oleh para ulama dan ilmuwan Muslim di zaman kejayaannya di abad klasik. Melalui studi terhadap berbagai literatur yang relevan dan otoritatif dengan analisis kualitatif dan pendekatan filosofis, tulisan ini menawarkan sebuah bangunan epistimologi pendidikan Islam dengan berbagai aspeknya yang terkait. Namun sebelum itu, tulisan ini menggambarkan kondisi objektif pendidikan Islam saat ini serta berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik internal maupun eksternal.
Downloads
References
Ahmad Sugiri, “Proses Islamsisasi dan Percaturan Politik Umat Islam di Indonesia”, Al-Qalam, Majalah Ilmiah Bidang Keagamaan dan Kemasyarakatan, No. 59/XI/1996, Serang: IAIN SGD, 1996
Ismail Raji Al-Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, diterj. Anas Wahyuddin, Bandung: Pustaka, 1984
J. Sudarminta, Epistimologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta: Kanisius, 2002
Jujun S, Problematika Dalam Filsafat, Yogyakarta: Ircissod, 1999
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 1988
Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga : 2005
Mujamil Qomar, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, cet. I, Jakarta: Erlangga, 2005
Mullyadhi Kartanegara, Integrasi Ilmu sebuah Rekonstruksi Holistik, Jakarta: UIN Jakarta Press, dan Bandung: Arasy Mizan, 2005
Omar Mohammad al-Tomy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, (terj.) Hasan Langgulung, Jakarta:Bulan Bintang, 1979
Suparman Syukur, Epistemologi Islam Skolastik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Syamsul Afandi, Rekonstruksi Epistimologi Pendidikan Islam, dalam Ari Dwi Haryono dan Qurroti A’yuni, Pendidikan Dasar Islam, Malang; Bani Hasyim Press, 2010.