KONSTRUK EPISTIMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Alie Muslim Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Gugus Kriswahyudi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tulangbawang Lampung

Keywords:

pendidikan islam, epistimologi, bangunan pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam harus lebih unggul dibandingkan pendidikan  lainnya. Namun pada umumnya, pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan pendidikan lainnya. Berbagai upaya untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul telah dilakukan, namun hasilnya belum menggemberikan. Tentang sebab-sebab mengapa upaya mengunggulkan pendidikan Islam tersebut belum berhasil, antara lain karena upaya yang dilakukan itu masih bertumpu pada pemecahan yang belum mendasar dan bersifat parsial. Upaya yang mendasar dan integrated untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul antara lain dengan membangun epistimologi pendidikan Islam yang unggul, yang hingga saat ini dianggap belum pernah dirumuskan, termasuk oleh para ulama dan ilmuwan Muslim di zaman kejayaannya di abad klasik. Melalui studi terhadap berbagai literatur yang relevan dan otoritatif dengan analisis kualitatif dan pendekatan filosofis, tulisan ini  menawarkan sebuah bangunan epistimologi pendidikan Islam dengan berbagai aspeknya yang terkait. Namun sebelum itu, tulisan ini menggambarkan kondisi objektif pendidikan Islam saat ini serta berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik internal maupun eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M. Saefuddin, dkk. Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi, Bandung: Mizan, 1991

Ahmad Sugiri, “Proses Islamsisasi dan Percaturan Politik Umat Islam di Indonesia”, Al-Qalam, Majalah Ilmiah Bidang Keagamaan dan Kemasyarakatan, No. 59/XI/1996, Serang: IAIN SGD, 1996

Ismail Raji Al-Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, diterj. Anas Wahyuddin, Bandung: Pustaka, 1984

J. Sudarminta, Epistimologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta: Kanisius, 2002

Jujun S, Problematika Dalam Filsafat, Yogyakarta: Ircissod, 1999

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 1988

Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga : 2005

Mujamil Qomar, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, cet. I, Jakarta: Erlangga, 2005

Mullyadhi Kartanegara, Integrasi Ilmu sebuah Rekonstruksi Holistik, Jakarta: UIN Jakarta Press, dan Bandung: Arasy Mizan, 2005

Omar Mohammad al-Tomy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, (terj.) Hasan Langgulung, Jakarta:Bulan Bintang, 1979

Suparman Syukur, Epistemologi Islam Skolastik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Syamsul Afandi, Rekonstruksi Epistimologi Pendidikan Islam, dalam Ari Dwi Haryono dan Qurroti A’yuni, Pendidikan Dasar Islam, Malang; Bani Hasyim Press, 2010.

Published

2019-11-22