KONSTRUK EPISTIMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1700Keywords:
pendidikan islam, epistimologi, bangunan pendidikan IslamAbstract
Pendidikan Islam harus lebih unggul dibandingkan pendidikan lainnya. Namun pada umumnya, pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan pendidikan lainnya. Berbagai upaya untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul telah dilakukan, namun hasilnya belum menggemberikan. Tentang sebab-sebab mengapa upaya mengunggulkan pendidikan Islam tersebut belum berhasil, antara lain karena upaya yang dilakukan itu masih bertumpu pada pemecahan yang belum mendasar dan bersifat parsial. Upaya yang mendasar dan integrated untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul antara lain dengan membangun epistimologi pendidikan Islam yang unggul, yang hingga saat ini dianggap belum pernah dirumuskan, termasuk oleh para ulama dan ilmuwan Muslim di zaman kejayaannya di abad klasik. Melalui studi terhadap berbagai literatur yang relevan dan otoritatif dengan analisis kualitatif dan pendekatan filosofis, tulisan ini menawarkan sebuah bangunan epistimologi pendidikan Islam dengan berbagai aspeknya yang terkait. Namun sebelum itu, tulisan ini menggambarkan kondisi objektif pendidikan Islam saat ini serta berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik internal maupun eksternal.