TRANSMISI NILAI DAN ILMU PENGETAHUAN: Menilik Eksistensi dan Keberfungsian Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Akla Akla Institut Agama Islam Negeri Metro ,
  • Ahmad Muzakki Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1698

Keywords:

Dar al-Arqam, lembaga pendidikan Islam, transmisi nilai dan ilmu

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang transmisi nilai dan ilmu pengetahuan dalam kontek eksistensi dan keberfungsian lembaga pendidikan Islam. Dalam tonggak sejarah, munculnya lembaga pendidikan Islam berawal dari digunakan dan difungsikannya rumah sahabat Arqam untuk pusat pembelajaran Islam. Lembaga pendidikan Islam tidak sertamerta muncul begitu saja, namun ada beberapa fase dan kronologis yang melatarbelakanginya. Pasca itu, muncul dan berkembang berbagai varian dan bentuk pendidikan Islam secara Kelembagaan ataupun institusi. Dalam perkembangannya, lembaga pendidikan Islam mengemban dua tugas sekaligus, yaitu sebagai wadah transmisi ilmu pengatahuan (agama) dan wadah tranmisi nilai-nilai (akhlak).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-22