TRANSMISI NILAI DAN ILMU PENGETAHUAN: Menilik Eksistensi dan Keberfungsian Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Akla Akla Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Ahmad Muzakki Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1698

Keywords:

Dar al-Arqam, lembaga pendidikan Islam, transmisi nilai dan ilmu

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang transmisi nilai dan ilmu pengetahuan dalam kontek eksistensi dan keberfungsian lembaga pendidikan Islam. Dalam tonggak sejarah, munculnya lembaga pendidikan Islam berawal dari digunakan dan difungsikannya rumah sahabat Arqam untuk pusat pembelajaran Islam. Lembaga pendidikan Islam tidak sertamerta muncul begitu saja, namun ada beberapa fase dan kronologis yang melatarbelakanginya. Pasca itu, muncul dan berkembang berbagai varian dan bentuk pendidikan Islam secara Kelembagaan ataupun institusi. Dalam perkembangannya, lembaga pendidikan Islam mengemban dua tugas sekaligus, yaitu sebagai wadah transmisi ilmu pengatahuan (agama) dan wadah tranmisi nilai-nilai (akhlak).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam,. Cet-1. Jakarta: Logos, 1999.

Chaer, Moh. Toriqul. “KUTTAB; Lembaga Pendidikan Islam Klasik,.” Al-MURABBI, Vol. 01, no. 02, (June 2015).

Departemen Pendidikan Nasional Pusat Perbukuan. Ensiklopedi Islam,. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Standard Perbukuan Nasional dan PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003.

Fathurrahman. “Eksistensi Kuttab Dan Masjid Sebagai Institusi Pendidikan Pada Masa Pertumbuhan Islam,.” Jurnal Ilmiah Kreatif, Vol. XIV, no. 1 (January 2017).

Hasibuan, Zaenal Efendi. “Profil Rasulullah Sebagai Pendidik Ideal: Telaah Pola Pendidikan Islam Era Rasulullah Fase Makkah Dan Madinah,.” In
Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, edited by Samsul Nizar, Cet. ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Kamaruzzaman. “Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasulullah: Makkah Dan Madinah,.” In Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Samapai Indonesia, edited by Samsul Nizar, Cet. ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam,. Jakarta: Pustaka Al Husna, 1987.

Maksum. Madrasah Sejarah Perkembangannya,. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Mohammad Muchlis Solichin. “PENDIDIKAN ISLAM KLASIK (Telaah Sosio-Historis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Masa Awal Sampai Masa Pertengahan),.” Tadrîs, Vol. 3., no. 2, (2008).

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam,. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Rama, Bahaking. “GENEALOGI ILMU TARBIYAH DAN PENDIDIKAN ISLAM: Studi Kritis Terhadap Masa Pertumbuhan,.” Jurnal Inspiratif Pendidikan, Vol. V, no. 2, (n.d.).

———. Sejarah Pendidikan Islam: Pertumbuhan Dan Perkembangan Hingga Masa Khulafahurrasyidin,. Jakarta: Paradotama Wiragemilang, 2002.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam,. Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Shobahussurur. “Lembaga Pendidikan Islam Dalam Khazanah Klasik: Telaah Proses Sejarah Dan Transmisi Ilmu Pengetahuan,.” Tsaqafah Vol. 11, no. 1 (May 2015).

Stanton, Charles Michael. Higher Learning in Islam; the Clasical Period, AD 700-1300,. Maryland: Rowman and Littlefield Inc, 1990.

Suriadi. “Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW,.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, no. 02, (2017).

Ubaidillah. “Pengelolaan Lembaga Pendidikan Pada Masa Rasulullah SAW,.” Al-Ittihad, Vol 2, no. 1 (2015).

Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam,. Cet. ke-11,. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Downloads

Published

2019-11-22